Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Wanitabaik.com - Salah satu masalah pada wajah yang banyak dikeluhkan adalah flek hitam. Flek hitam muncul karena berbagai faktor. Mulai dari faktor zat radikal bebas, bekas jerawat, bekas luka hingga pola makan yang tidak seimbang. Oleh karena itu, dibutuhan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel.

Beberapa Cara Mudah Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Menghilangkan flek hitam sebaiknya tidak sembarangan. Pastikan solusi yang Anda pilih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dipilih.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

1. Minum Vitamin C secara Teratur

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam membandel adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin C. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya akan mengangkat sel kulit mati. Sehingga, baik itu flek hitam ataupun kerutan dapat diatasi.


Peran vitamin C selanjutnya adalah memperlambat jumlah produksi melanin kulit. Melanin inilah yang akan memicu munculnya flek. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin juga akan membuat kulit semakin cerah namun tidak pucat.

Oleh karena itu, usahakan mengkonsumsi vitamin C. Baik yang terdapat pada buah, minuman ataupun dalam bentuk vitamin.

2. Menggunakan Tabir Surya

Selain mengkonsumsi vitamin C, sebaiknya Anda juga menggunakan tabir surya setiap hari. Hal ini disebabkan karena faktor terbesar yang memicu flek hitam pada wajah adalah sinar UV yang dikandung dalam matahari.

Oleh karena itu, olesi permukaan kulit Anda dengan tabir surya. Khususnya sebelum melakukan kegiatan luar ruangan. Tabir surya sendiri memiliki kandungan Titanium Oxide dan Zinc Oxide yang menghalangi bahaya sinar UV.


Langkah ini akan meminimalisir semakin parahnya flek hitam pada wajah. Namun, usahakan produk tabir surya yang Anda gunakan memiliki kadar minimal SPF 30.

3. Menggunakan Outmeal

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel berikutnya adalah dengan memakai outmeal. Produk ini sangat bermanfaat di dalam membantu proses pengelupasan kulit. Di dalamnya terkandung Saponin yang berkhasiat sebagai pembersih alami.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan menumbuk halus beberapa sendok outmeal. Kemudian, tambahkan air perasan jeruk lemon. Aduk sampai membentuk pasta. Jika sudah, oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah secara merata. Bilas setelah mengering.

Dengan menggunakan bahan ini secara teratur, kulit wajah Anda akan semaki lembut dan cerah.

4. Menggunakan Putih Telur

Bahan lain yang tidak kalah ampuh untuk menghilangkan flek hitam wajah adalah putih telur. Puih telur memiliki kandungan enzim alami yang dapat mengangkat noda di kulit. Selain itu, kandunganya juga mampu memberikan efek glowing serta membuat kulit wajah semakin kencang.


Cara penggunaannya cukup menjadikan putih telur sebagai masker sehari-hari. Namun, pastikan sebelum menggunakan masker, wajah Anda dalam kondisi bersih.

5. Menggunakan Bengkoang

Kandungan vitamin pada bengkoang dapat membuat kulit Anda semakin putih dan cerah. Sejak dahulu, bengkoang memang sudah diramu menjadi bahan tradisional untuk kesehatan kulit alami. Selain mencerahkan, kandungan di dalamnya juga membuat wajah lebih segar.

Caranya cukup dengan menghaluskan bengkoang. Kemudian, oleskan pada seluruh permukaan wajah sebagai masker. Gunakan cara ini secara rutin agar hasilnya semakin maksimal.

6. Menggunakan Kulit Semangka

Selain memiliki rasa yang segar dan enak, buah semangka juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Namun, untuk ini Anda hanya perlu menggunakan kulitnya.
Kulit semangka ternyata memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang kaya. Dimana semua kandungan tersebut ampuh untuk menyegarkan dan mencerahkan kulit.


Caranya cukup dengan mengoleskan bagian dalam kulit semangka pada wajah. Lakukan secara teratur.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel sebenarnya tidaklah sulit. Namun, Anda harus bersabar karena cara alami tidak ada yang instan.