Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenang Sejarah Perjuangan Pahlawan Wanita di Indonesia

Wanitabaik.com - Sebelumnya mungkin anda pernah mendengar beberapa sejarah yang menyatakan, tentang perjuangan wanita yang ikut membantu melawan penjajah di Indonesia. Saat ini mungkin anda belum terlalu tahu banyak tentang beberapa pahlawan wanita ini, padahal jasanya juga tidak kalah berani dan penting dibandingkan dengan kaum lelaki, yang berhasil untuk membela Indonesia dari kaum penjajah dulunya.

Ada beberapa nama pahlawan perempuan yang wajib untuk anda ketahui, agar rasa nasionalisme mu terhadap Indonesia bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Untuk saat ini memang masih minim pengetahuan tentang beberapa pahlawan permpuan di Indonesia, apalagi untuk mengenang jasanya yang telah membantu Indonesia, untuk keluar dari apa yang dinamakan penderitaan sejak jaman penjajahan.

Pahlawan Wanita

1. H.R Rasuna Said


Pahlawan Wanita di Indonesia

Sebagian orang memang sudah familiar dengan nama ini, akan tetapi tidak jarang masih ada sebagian orang, termasuk untuk kalangan anak muda yang tidak begitu mengenal perjuangan dari wanita gagah ini. Perannya memang sangat penting pada saat itu, untuk membawa kemerdekaan bagi seluruh rakyat di Indonesia, tidak jarang juga beberapa orang mengatakan ia sangatlah pandai untuk memperjuangkannya.


Dimana ia selalu menjadi salah seorang yang mampu, untuk membantu kaum wanita pada saat itu berjuang untuk mendapatkan haknya, agar bisa disetarakan dengan kaum pria di masa penjajahan. Tentunya anda pernah mendengar tentang sejarah ini, siapa lagi kalau bukan tentang RA. Kartini yang pada saat itu juga melakukan hal yang sama, demi menjamin kesetaraan hak dan kesejahteraan bagi kaum wanita.

2. RA. Kartini


RA. Kartini

Yang kedua disini ada RA. Kartini, sebagai salah satu pahlawan wanita yang saat ini memiliki banyak nilai historis untuk seluruh kaum wanita, bahkan seluruh masyarakat di Indonesia pasti mengenal namanya. Dimana anda mungkin sering kali mendengar tentang nama ini, ketika sedang belajar di sekolah kemudian guru menjelaskan tentang perjuangannya, yang sampai saat ini pun tidak akan pernah terlupakan lagi.


Disinilah anda harus bisa belajar bahwa sebenarnya, dengan mengenang seluruh jasa pahlawan anda bisa menjadi lebih mandiri dan hidup lebih semangat, untuk memperjuangkan semua hak hidup anda yang mungkin pernah tertinggal sebelumnya. Karena perjuangan hidup yang indah, merupakan suatu jalan yang penting untuk menerima hasil yang baik, sama seperti apa yang para pahlawan ini telah lakukan dari dulu.

3. Cut Nyak Dien


Cut Nyak Dien

Jika beberapa orang menyatakan bahwa, sebenarnya Indonesia itu sendiri memiliki banyak sekali pahlawan perempuan, yang telah memperjuangkan seluruh hak wanita di Indonesia hal itu memang benar adanya. Salah satu pahlawan yang memang terkenal akan keberaniannya adalah Cut Nyak Dien, yang sampai saat ini namanya memang selalu dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia ini.


Pada jaman dahulu di masa penjajahan, bahwa Cut Nyak Dien ini merupakan salah satu pejuang wanita yang bermental baja sebagai salah satu andalan dari Indonesia. Dimana ia tidak pernah takut, untuk selalu maju ketika melawan para penjajah, yang kemudian saat ini namanya selalu dikenang oleh banyak orang. Yang membuat patokan bagi masyarakat Indonesia, untuk tidak takut melawan apapun yang menghalangi.

4. Martha Christina Tiahahu


Martha Christina Tiahahu

Sebenarnya nama ini memang tidak pernah se terkenal nama pahwalan untuk kalangan wanita lainnya, akan tetapi perjuangannya memang patut dihargai dengan hasil yang dapat dibuktikan hingga saat ini. Dimana banyak sekali orang yang menyangka bahwa wanita, tidak akan pernah bisa untuk melawan kaum pria apalagi penjajah pada masa itu, yang telah dibuktikan oleh beliau yang mampu melawan para penjajah.

5. Fatmawati


Fatmawati

Siapa yang tidak tahu dengan nama yang satu ini, sebagai salah satu nama yang patut untuk dikenang oleh banyak kalangan muda di Indonesia. Sebagai salah satu Isteri dari mantan presiden pertama di Indonesia, ia telah berjuang untuk mendukung yang terbaik bagi suaminya, serta untuk menjahit bendera merah putih pertama untuk Indonesia, yang saat itu ingin merayakan hari kemerdekaannya.


Memang sudah banyak sekali cerita tentang pahlawan wanita yang ada di Indonesia, semuanya memiliki peranan penting yang patut untuk ditiru. Juga untuk dijadikan sebagai contoh yang baik, demi masa depan yang baik untuk anda yang saat ini tengah berjuang.