√ Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Wanitabaik.com - Selain jerawat, persoalan kulit sejuta umat lainnya yang tidak kalah terkenal ialah bruntusan. Ya, setiap orang sempat mengalami bruntusan di wajahnya. Meski bukan kondisi yang berbahaya, wajah bruntusan mengganggu penampilan. Apalagi kemunculannya hampir di seluruh wajah. Lantas, bagaimana cara menghapus bruntusan di wajah?

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Apa Sih Bruntusan Itu?


Bruntusan sebenarnya bukanlah sebuah istilah medis. Sebaliknya, kondisi ini menggambarkan sebuah kondisi kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Jika diraba, bruntusan terasa semacam bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit.

Tak melulu di wajah, bruntusan mampu timbul pada bagian tubuh lainnya, selagi tubuh tersebut tetap tertutupi kulit. Bruntusan mampu timbul hanya di 1 atau 2 titik saja. Namun, tidak jarang kondisi ini juga mampu timbul bergerombol atau berkelompok di beberapa area tubuh tertentu.

Beberapa tempat yang rentan mengalami bruntusan di wajah di antaranya, dahi, hidung, dan dagu. Selain itu, bruntusan juga mampu timbul di punggung, leher, lengan, bahu, dan bahkan dada.

Penyebab Bruntusan di Wajah


Bruntusan di wajah mampu dikarenakan oleh tidak sedikit hal, mulai dari komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, folikulitis (peradangan pada folikel rambut), keratosis seboroik, dan lain sebagainya. Akan tetapi, komedo ialah salah satu cikal bakal kemunculan bruntusan yang paling tidak jarang terjadi.

Sama semacam jerawat, komedo terbentuk dari penumpukkan sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat ini mampu dipicu oleh beberapa hal, di antaranya.

  • Perubahan hormon
  • Stres
  • Produksi keringat berlebih
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak cocok
  • Kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik. Misalnya menyentuh kulit dengan tangan kotor.

Seperti yang telah disebutkan di atas. Ada tidak sedikit faktor yang mampu memicu bruntusan di wajah dan terkadang kondisinya juga mirip satu sama lain. Maka dari itu, supaya diketahui penyebab bruntusan yang Kalian alami, sebaiknya berkonsultasi ke dokter seorang ahli kulit.

Dokter ahli kulit nantinya akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mencari tahu dengan absolut apa penyebab bruntusan yang Kalian alami. Diagnosis yang cocok mampu mempermudah dokter seorang ahli kulit dalam menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Dengan begitu, pengobatan yang Kalian jalani pun akan lebih cocok sasaran.

Cara Menghapus Bruntusan di Wajah


Cara paling ampuh untuk menghapus bruntusan di wajah ialah dengan menerapkan perawatan kulit dasar yang benar. Hal ini mampu dimulai dengan cara:

1. Rutin bersihkan wajah


Supaya bruntusan di wajah cepat menghilang, Kalian harus rutin membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, dikala bangun dan sebelum tidur. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Jika diharapkan Kalian juga mampu menerapkan prinsip double cleansing, atau cuci wajah dua kali untuk memastikan kulit wajah Kalian sangatlah bersih dari kotoran. Bagi Kalian yang setiap hari memakai makeup, Kalian mampu membersihkan wajah memakai makeup remover yang berbasis air (micellar water) atau yang berbasis minyak untuk membersihkan makeup waterproof di wajah.

Pastikan Kalian membersihkan wajah hingga sangatlah bersih dan tidak ada sisa makeup lagi yang tetap menempel. Pasalnya, sisa makeup yang menempel ini mampu menjadi salah satu pemicu munculnya komedo.

2. Pakai pelembap


Setelah urusan membersihkan wajah selesai, tutorial menghapus bruntusan di wajah selanjutnya ialah rutin pakai pelembap. Setiap orang, terlepas dari apa pun tipe kulitnya, harus memakai pelembap. Jika diperlukan, Kalian juga mampu pakai toner dan serum sebelum memakai pelembap.

Apa pun produk perawatan kulit yang Kalian pakai, pastikan Kalian memilih sesuai dengan tipe kulit wajah dan sasaran persoalan yang ingin diatasi.

3. Oleskan sunscreen


Jangan lupa untuk rutin melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dengan memakai sunscreen. Sunscreen ialah perawatan wajah yang sama sekali tidak boleh terlewatkan. Apalagi apabila setiap hari Kalian berkegiatan di luar ruangan. Tak hanya manjur mencegah bruntusan di wajah terus parah, sunscreen juga penting untuk melindungi kulit Kalian dari paparan matahari yang mampu memicu kanker kulit.

Gunakan sunscreen setiap kali Kalian berakhir pakai pelembap. Pastikan seluruh kulit yang tidak tertutup pakaian dioleskan sunscreen dengan cara merata. Setiap 2 hingga 3 jam sekali, oleskan kembali sunscreen di seluruh permukaan kulit.

4. Deep Cleansing


Cara menghapus bruntusan yang pertama artinya dengan melakukan deep cleansing pada wajah Anda. Metode deep cleansing ini ditujukan supaya wajah bersih hingga ke pori-porinya. Oleh alasannya artinya itu, gunakan alat semacam brush atau sponge ketika membersihkan wajah dengan sabun facewash.

5. Double Cleansing


Bruntusan juga bisa diatasi dengan menerapkan metode pembersihan wajah double cleansing. Cara menghapus bruntusan yang satu ini dilakukan dengan membersihkan wajah Kalian sebanyak dua kali. Pertama, bersihkan muka memakai oil-based atau water-based cleanser. Setelah itu, cuci kembali muka dengan memakai facewash yang sesuai dengan kulit Anda.

6. Exfoliating


Menghilangkan bruntusan tidak lumayan hanya membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. Lebih dari itu, Kalian juga butuh melakukan eksfoliasi, yakni pelantikan sel kulit mati serta minyak berlebih yang menjadi pemicu terjadinya bruntusan.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung salicylic acid yang mempunyai efektivitas tinggi dalam membawa sel kulit mati, pun menanggulangi minyak berlebih, alasannya artinya sifatnya soluble oil-nya yang sanggup menembus pori-pori wajah.

Eksfoliasi ini bisa dilakukan sebanyak 1 (kali) dalam seminggu minimal. Untuk hasil yang lebih maksimal, nyatanya bagi Kalian yang mempunyai kulit berminyak, eksfoliasi baiknya dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu.

7. Memakai Toner


Salah satu penyebab bruntusan artinya aktivitas pembersihan make-up yang tidak sempurna. Oleh alasannya artinya itu, gunakan toner untuk membersihkan sisa makeup pada wajah. Selain wajah kembali bersih, toner manjur menolong mengontrol kadar pH wajah.

8. Serum Wajah


Aktif memakai serum wajah juga maka tutorial menghapus bruntusan pada wajah, pun mencegah wajah dari bruntusan. Kandungan pada serum wajah membikin kulit wajah maka lebih akrab dengan niacinamide, benzoyl, atau peroxide, yang mana ketiganya menjadi bahan kimia pemicu terjadinya bruntusan pada wajah.

9. Moisturizer


Kulit yang berminyak artinya salah satu pemicu terjadinya bruntusan pada wajah. Oleh alasannya artinya itu, tutorial menghapus bruntusan di wajah dampak kulit berminyak artinya dengan memakai krim pelembab (moisturizer) khusus wajah.

Moisturizer berfugsi untuk melembabkan kulit wajah maka kulit tidak butuh bekerja ekstra yan mana faktor tersebut bisa memicu timbulnya bruntusan pada wajah.

10. Masker Wajah


Memakai masker wajah yang terbuat dari beberapa bahan alamiah semacam aloe vera, daun teh, hingga madu juga dipercaya menjadi tutorial menghapus bruntusan pada wajah yang efektif.

Kenakan masker wajah Kalian dengan cara rutin, semacam ketika mau tidur malam, hingga kelak hasilnya terlihat. Setelah bruntusan hilang, ada baiknya Kalian masih memakai masker wajah untuk mencegah bruntusan datang kembali di kemudian hari.

11. Mengurangi Pemakaian Makeup


Makeup terbukti penting untuk menunjang penampilan. Namun, suka tidak suka, makeup artinya penyebab bruntusan. Oleh karena, tutorial menghapus bruntusan yang kiranya juga wajib Kalian perbuat artinya mengurangi pemakaian makeup.

12. Konsisten Dengan Produk Wajah


Banyaknya produk kecantikan wajah, mulai dari produk makeup hingga skincare, acap kali membikin Kalian tergiur untuk mencoba beberapa produk tersebut. Padahal, belum pasti semua produk wajah sempurna dengan kulit.

Akibatnya ketidakcocokan tersebut, timbullah persoalan pada wajah, bruntusan salah satunya. Oleh alasannya artinya itu, baiknya konsisten dengan produk kecantikan wajah yang telah ‘aman’ dengan kulit Kalian menjadi tutorial menghapus bruntusan, pun mencegah wajah mengalami bruntusan.


13. Gunakan Skincare Berkala


Menggunakan beberapa macam produk skincare juga tidak boleh sembarangan, dalam pengertian pemakaiannya wajib dengan cara berurutan.

Sebagai contoh, Kalian memakai moisturizer serta serum wajah. Idealnya, gunakan serum terlebih dahulu sebelum moisturizer. Sifat molekul pada moisturizer yang lebih besar ketimbang serum akan menghalangi molekul serum untuk meresap ke dalam pori-pori wajah apabla serum digunakan seusai moisturizer. Akibatnya, wajah bisa mengalami bruntusan.

Urutan pemakaian skincare yang sempurna yakni:
  • Cleanser
  • Facewash
  • Toner
  • Serum
  • Moisturizer
  • Masker


Cara Alami Menghilangkan Bruntusan


Selain dengan cara-cara di atas, tutorial menghapus bruntusan pada wajah bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami.

1. Madu


Madu telah semenjak lama dipercaya sanggup menanggulangi pelbagai permasalahan kulit, semacam kulit kusam maupun berjerawat. Nah, fungsi madu untuk wajah tersebut juga mencakup pembersihan bruntusan pada wajah.

Cuci muka Kalian terlebih dahulu, kemudian oleskan madu dengan cara merata. Diamkan selagi tidak lebih lebih 30 menit, kemudian bilas memakai air bersih serta sabun muka. Lakukan tutorial menghapus bruntusan di wajah ini dengan cara selalu setiap mandi hingga hasilnya terlihat.

2. Teh Hijau


Mengonsumsi teh hijau nyatanya tidak hanya melangsingkan tubuh, melainkan juga manjur menanggulangi persoalan kulit wajah semacam bruntusan. Manfaat teh hijau untuk menghapus bruntusan ini dikarenakan teh tersebut diperkaya oleh zat antioksidan yang baik untuk memelihara kesehatan kulit.

3. Lemon


Buah dengan rasa asam ini bisa menjadi solusi atau tutorial menghapus bruntusan pada di wajah dengan cara alami.

Campurkan lemon dengan putih telur, kemudian oleskan dengan cara merata pada wajah. Diamkan selagi 20 menit hingga mengering, serta bilas wajah hingga bersih.

4. Tomat


Buah tomat juga diklaim ampuh untuk menghapus bruntusan pada wajah dengan cara alami. Cara menghapus bruntusan di wajah dengan tomat sangat mudah. Kalian tinggal menghaluskan tomat memakai blender hingga halus, kemudian jadikan tomat yang telah halus tersebut sebagai masker wajah.

Atau, Kalian lumayan memotong tomat serta mengoleskan tahap dalam tomat pada muka dengan cara merata. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas muka dengan air bersih.

Itulah info tentang tutorial menghapus bruntusan beserta penyebab bruntusan pada umumnya. Menjaga kebersihan wajah pada kulit merupakan kunci mutlak supaya Kalian senantiasa terbebas dari bruntusan. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel