√ Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Wanitabaik.com - Buat kamu yang ditakdirkan mempunyai tipe kulit semacam ini, harap sabar. Jangan dibawa stres. Sebenarnya kamu mampu kok mengatasinya tanpa ribet.

Tubuh kita memproduksi minyak untuk melembapkan kulit. Namun, produksi minyak atau sebum yang berlebih justru bisa menunjukkan persoalan baru pada kulit wajah, seperti jerawat dan komedo. Masalah kulit ini bisa makin parah apalagi apabila Kalian tidak melakukan perawatan wajah yang tepat.

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Apa Penyebab Wajah Memproduksi Minyak Yang Berlebih?


Penyebab kulit wajah berminyak bisa alasannya beberapa faktor, dari kebiasaan yang sebetulnya bisa diubah sampai penyebab yang tidak bisa Kalian hindari. Berikut beberapa penyebab paling umum mengapa kulit wajah Kalian berminyak:

Genetik. Genetik ternyata memengaruhi kesehatan Kalian dengan cara keseluruhan, tergolong produksi minyak di wajah. Jika orangtua, adik, kakak, nenek, bahkan kakek Kalian mempunyai kulit dengan tipe yang berminyak, jadi Kalian juga bisa mempunyai tipe kulit serupa.

Hormonal. Perubahan hormon, khususnya pada wanita saat menjelang menstruasi atau menopause, bisa memicu produksi minyak lebih banyak. Tak heran apabila pada masa menstruasi maupun menopause, kulit wajah wanita cenderung lebih berminyak dari biasanya.

Perawatan wajah yang tidak tepat. Penggunaan produk skincare atau bahkan kosmetik yang tidak sesuai dengan tipe kulit juga bisa memicu kulit wajah memproduksi minyak berlebih.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa tips menghapus minyak di wajah dengan sederhana, maka kamu mampu terapkan metode ini dengan cara mudah. Mau tahu? Intip yuk dibawah ini.

1. Masker dari putih telur serta bubuk coklat


Kombinasi kedua bahan ini mampu mengendalikan produksi minyak di wajah. Sebagai bonus, jerawat akan malas untuk tumbuh di wajahmu, sebab coklat mengandung anti-oksidan yang lumayan tinggi.

Caranya mudah, kocok putih telur sampai rata, kemudian tambahkan 2 sendok makan (sdm) bubuk coklat. Aduklah sampai mengental semacam pasta. Oleskan ke permukaan wajah, diamkan selagi 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Gosok dengan irisan mentimun


Mentimun biasanya terbukti dipakai untuk menyegarkan wajah. Tapi nyatanya juga bertujuan untuk menanggulangi wajah berminyak, lho.

Mudah sekali, kamu hanya butuh menggosokkan irisan mentimun dingin (masukkan ke kulkas terlebih dahulu) ke seluruh permukaan wajah, terutama pada zona T. Lakukan setiap malam serta kamu akan mencicipi perubahannya.

3. Gunakan masker strawberry serta madu


Strawberry serta madu tepat untuk wajah dengan persoalan minyak berlebih bahkan jerawat. 2 buah strawberry yang tetap segar dicuci terlebih dahulu, kemudian dihancurkan serta dicampur dengan 1 sdm madu. Aduk sampai rata, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah. Setelah didiamkan selagi 15 menit, bilas dengan air hangat. Metode ini mampu dipakai 2-3 kali dalam seminggu.


4. Hindari penggunaan sunscreen yang mengandung minyak


Perhatikan sangatlah bahan penyusun sunscreen yang kamu gunakan. Jika mengandung minyak, jangan gunakan lagi sebab biasanya wajahmu akan terus berminyak apabila tetap menggunakannya. Pilihlah produk yang bebas minyak supaya wajah tetap segar.

5. Lakukan facial steam sendiri dengan rutin


Facial steam mampu mengeluarkan kotoran serta zat-zat lainnya yang menyumbat pori-pori, tergolong minyak. Kalau kamu selalu melakukan facial steam, kulit wajahmu akan maka bersih serta segar. Caranya mudah, siapkan air hangat di dalam baskom, kemudian letakkan wajahmu beberapa cm di atasnya untuk memperoleh uapnya. Lakukan selagi 2-4 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

6. Gunakan masker dengan bahan campuran baking soda, jeruk nipis, serta madu


Campuran ketiga bahan ini mampu menjadi pengganti sunscreen yang baik apabila dipakai dengan cara rutin. Teteskan jeruk nipis pada 2 sdm madu serta setengah sdt baking soda. Aduk sampai keluar gumpalan busa putih. Oleskan ke wajah dengan cara merata serta diamkan selagi 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

7. Gunakan face tonersebelum memakai krim wajah alias make up


Face toner mampu menolong mengurangi produksi minyak berlebih alias sebum di wajah. Kamu harus memilih face toner berbahan lemon, ini manjur mengontrol minyak berlebih di zona T.

8. Gunakan krim pembersih wajah yang tepat


Bagi kamu yang mempunyai persoalan minyak di wajah, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang lembut serta khusus untuk tipe kulit berminyak. Selektif dalam memilih pembersih wajah akan manjur menjaga kulit supaya tak terlalu tak sedikit memproduksi minyak yang mampu menyebabkan munculnya jerawat.

9. Lakukan terapi es batu


Sama semacam mentimun, es batu nyatanya mampu menolong kamu untuk menyegarkan wajah sekaligus menanggulangi minyak berlebih pada wajah. Dinginnya es akan menolong mengecilkan pori-pori kulit maka jerawat juga susah untuk berkembang. Mudah sekali, lumayan oleskan es batu ke seluruh permukaan wajah, terutama zona T, selagi kurang lebih 30 detik.

10. Selalu siap sedia face paper


Face paper pasti telah menjadi benda yang harus kamu bawa ke mana-mana. Kertas yang didesain khusus untuk menyerap minyak ini mampu menghapus minyak seketika tanpa membikin kulit wajah maka kering. Oh ya, tutorial yang benar merupakan lumayan tekan-tekan face paper pada area yang berminyak.

Bagaimana Urutan Pakai Skincare Yang Cocok Untuk Wajah Berminyak?


Berikut panduan memakai skincare yang cocok sebagai tutorial mengurangi minyak di wajah:

1. Cuci muka


Cuci muka merupakan perawatan paling dasar untuk kulit berminyak. Kalian bisa memakai air hangat suam-suam kuku untuk menolong membawa minyak di wajah. Setelah itu, pilihlah produk pembersih khusus untuk kulit berminyak. Biasanya yang bebas minyak dan berlabel “non-komedogenik”.

Hindari pembersih yang mengandung bahan aktif semacam alkohol dan sodium lauryl/laureth sulfate. Pasalnya, kedua bahan tersebut bisa menghapus lapisan pelindung minyak alamiah kulit. Beberapa bahan lain yang juga sebaiknya dihindari apabila Kalian mempunyai kulit berminyak merupakan coconut oil, hazelnut oil, camellia oil, sunflower oil. Kalian juga baiknya menghindari produk pelembap yang mengandung  mineral oil, beeswax, paraffin, dan lanolin. Bahan-bahan ini bisa menutup pori-pori, jadi kulit Kalian akan jadi terus berminyak.

2. Toner (dengan kandungan AHA/BHA ringan)


Setelah memastikan wajah bersih, Kalian bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yaitu penggunaan toner. Toner bertujuan untuk menghapus kotoran semacam minyak dan sisa makeup yang belum hilang sepenuhnya saat memakai pembersih wajah.

Anda bisa memilih toner yang mengandung AHA/BHA ringan. AHA dan BHA merupakan senyawa asam yang bekerja mengelupaskan kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

3. Serum/essence


Serum wajah diharapkan untuk menolong meregenerasi dan mencerahkan kulit, melawan keriput, jerawat, noda hitam, atau warna kulit wajah yang tidak rata. Dibanding dengan pelembap biasa, kandungan bahan aktif di dalam serum sanggup menembus ke tahap terdalam kulit lebih cepat dan efisien.

Setelah cuci muka dan memakai toner, oleskan serum ke seluruh wajah. Hindari mengoleskan di area kurang lebih mata, aspek mulut, dan lipatan hidung. Tunggu kurang lebih 10 menit supaya serum bisa meresap ke dalam kulit.

4. Pelembap


Memiliki wajah yang berminyak bukan berarti Kalian tidak memerlukan pelembap. Kulit berminyak tetap memperlukan pelembab, supaya kulit tetap terhidrasi dengan baik. Ketika kulit dehidrasi, jadi kelenjar minyak akan terus terpicu untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Jangan asal pilih pelembap. Sebelum membeli, lihat dulu pada kemasan produk skincare. Pelembab untuk kulit berminyak biasanya akan mengandung kata-kata semacam water based, non-comedogenic, non-acnegenic, dan oil-free.

5. Sunscreen


Yang tidak kalah penting, rutin pastikan Kalian memakai suncreen atau tabir surya apabila setiap kali ingin melakukan kegiatan di luar ruangan. Tabir surya selain melindungi kulit Kalian dari paparan sinar matahari saja, melainkan juga bisa menolong melembapkan kulit Anda.

Anda bisa memilih tabir surya yang berspektrum luas, mempunyai kandungan beta hidroksi, dan bersifat non-comedogenic, water based, dan oil free.

Adakah Perawatan Khusus di Klinik Kecantikan Untuk Mengurangi Minyak di Wajah?


Selain yang telah disebutkan di atas, ada pula tutorial mengurangi minyak di wajah lainnya yang bisa Kalian coba. Cara mengurangi minyak di wajah ini melibatkan dokter atau tenaga pakar di bidang dermatologis untuk melakukannya.

Photodynamic therapy atau PDT. Perawatan ini memakai obat khusus yang diterapkan pada kulit dan kemudian diaktifkan dengan cahaya LED. Fungsinya untuk mengurangi aktivitas sel-sel pada kelenjar sebum jadi produksi sebum di wajah berkurang. Tembakan cahaya yang intens dari laser bisa menolong mengurangi produksi kelenjar sebum.

Jika dilakukan oleh dokter profesional yang berpengalaman, kedua perawatan di atas tidak akan memunculkan efek samping. Pun apabila ada, efek samping yang timbul bisa diminimalisir dengan baik.

Pastikan Kalian rutin melakukan perawatan di klinik kecantikan yang telah terpercaya dan punya reputasi baik dengan tenaga pakar tersertifikasi. Ingat, jangan mengambil risiko dan tawar-menawar dalam melakukan perawatan wajah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel