Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Wanitabaik.com - Panu (Tinea versicolor) merupakan tipe penyakit kulit yang dikarenakan oleh jamur. Tanda-tanda munculnya panu sendiri merupakan timbulnya bercak-bercak putih pada kulit disertai dengan rasa gatal-gatal. Warna bercaknya tak rutin putih, tapi mampu berwarna cokelat, merah, hitam tergantung pada warna kulit penderita.

Panu berbeda dengan jerawat. Jerawat terkesan menonjol, sedangkan panu tak menonjol mirip semacam kulit pada umumnya. Saat kita berkeringat, panu akan terasa gatal. Malassezia merupakan jamur penyebab panu. Jamur ini tidaklah berbahaya dan pada umumnya ditemukan pada kulit manusia.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Apa Penyebab Panu?


Malassezia berkembang dengan cepat tak terkendali pada permukaan kulit. Namun, dokter tetap tak yakin mengapa faktor ini terjadi. Beberapa faktor bisa mendorong perkembangan jamur pada kulit:
  • Cuaca panas serta lembap
  • Keringat berlebih
  • Kulit berminyak
  • Sistem imun yg melemah
  • Perubahan hormon


Cara Menghilangkan Panu di Wajah


1. Kunyit


Kunyit bisa dipakai untuk menghapus panu. Kandungan volatile yang dimiliki kunyit bisa berguna sebagai antiinflamasi. Selain itu, kandungan kurkumin di dalamnya juga merupakan antioksidan yang sanggup mengatasi penyebab panu.

Cara menggunakannya: Tumbuk halus kunyit serta tempelkan dibagian terinfeksi jamur. Kemudian diamkan selagi 15 menit serta bilas sampai bersih memakai air hangat.

2. Lengkuas


Cara menghapus panu juga bisa dengan memakai lengkuas. Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum, serta flavonoid yang sanggup menanggulangi bakteri serta jamur.

Cara menggunakannya: Belah lengkuas kemudian segi belahan tersebut digosokkan pada area panu. Gosok kulit sampai sedikit memerah serta mulai terasa pedih.

3. Lidah Buaya


Lidah buaya mempunyai kandungan yang bersifat anti jamur serta antiinflamasi. Kedua kandungan ini sangat manjur untuk menolong mencegah pertumbuhan jamur. Lidah buaya juga baik dipakai untuk penyembuhan infeksi kulit yang rusak.

Cara menggunakannya: Ambil ekstrak gel daun pengecap buaya serta oleskan gel tersebut pada kulit yang terinfeksi jamur. Tunggu sampai berbagai menit serta bilas dengan air bersih. Kamu bisa melakukannya 2 kali sehari selagi berbagai minggu.

4. Bawang Putih


Menghilangkan panu juga bisa memakai bawang putih. Bawang putih mempunyai senyawa anti bakteri yang sanggup membunuh jamur serta bakteri di kulit. Menggunakan bawang putih untuk menghapus panu juga bisa kamu gunakan pada bayi.

Caranya: Potong 1 siung bawang putih 2 bagian. Gosok berbagai menit memakai tahap dalam bawang putih yang dipotong ke area terinfeksi jamur.

5. Jeruk Nipis


Menggunakan jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk menghapus panu. Jeruk nipis mempunyai senyawa antioksidan yang bertujuan melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan asam sitrat di dalam jeruk nipis juga bisa menjadi anti bakteri serta anti jamur. Kandungan vitamin C yang tinggi juga merupakan senyawa lain yang bisa menolong melenyapkan panu.

Cara menggunakannya: Campur jeruk nipis dengan belerang. Hal ini sebab belerang bisa menolong membunuh kuman sebab mengandung zat keratolitik. Campur sampai berbentuk krim serta oleskan pada panu. Diamkan hinga mengering serta bilas dengan air hangat.

6. Tea Tree Oil


Tea tree oil alias minyak pohon teh bisa kamu gunakan untuk menghapus panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya sangat berguna untuk menghambat penyebaran infeksi.

Caranya: Gunakan tea tree oil pada bagian kulit yang terkena panu. Kamu bisa mencampurkan tea tree oil dengan menambahkan minyak zaitun. Biarkan sampai mengering serta bilas dengan air hangat.

7. Yoghurt


Cara menghapus panu juga bisa dengan memakai yoghurt yang biasa kamu konsumsi. Yoghurt yang bisa dipakai merupakan yoghurt polos serta tanpa rasa serta pemanis. Kandungan probiotik yang ada di dalam yoghurt bisa menghambat pertumbuhan jamur.

Caranya: Oleskan yoghurt di kulit yang terkena panu atau terinfeksi jamur. Diamkan 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Cuka Apel


Cuka apel bisa kamu gunakan untuk menolong menghapus panu. Di dalam cuka apel tersedia kandungan antimikroba yang bisa menolong meredakan infeksi jamur di kulit.

Caranya: Oleskan cuka apel di kulit yang terkena panu atau terinfeksi jamur. Kamu bisa memakai cuka apel sebagai pengganti salep serta perbuat 3 kali sehari.

9. Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh juga bisa menjadi pilihanmu untuk menghapus panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya sanggup menolong untuk melenyapkan panu yang mengganggu.

Cara menggunakannya: Potong belimbing wuluh serta usapkan tahap yang dipotong dibagian yang terkena infeksi. Usap selagi 5 menit serta biarkan mengering.

10. Minyak Oregano


Minyak oregano bersumber dari daun serta bunganya. Kandungan carvacrol yang dimilikinya bisa melenyapkan serta mengurangi infeksi bakteri, jamur, virus, parasit, serta alergi. Hal ini yang membikin minyak oregano bisa menjadi pilihanmu untuk melenyapkan panu.

Cara menggunakannya: Oleskan minyak oregano pribadi pada kulit yang terkena infeksi. Kemudian diamkan sampai mengering dengan sendirinya.

11. Minyak Zaitun


Minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk menghapus panu. Minyak zaitun yang dicampurkan madu bisa menjadi komponen yang pas untuk melenyapkan bakteri serta jamur.

Cara menggunakannya: Campurkan minyak zaitun serta madu serta oleskan pada area panu. Lakukan faktor ini 3 kali sehari untuk memperoleh yang akan terjadi yang maksimal.

12. Lengkuas dan garam


Lengkuas memiliki senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang bermanfaat untuk menanggulangi bakteri dan jamur, lengkuas juga telah tak sedikit dipakai oleh nenek moyang kita dari dulu untuk menanggulangi penyakit kulit semacam panu.

Cara menghapus panu dengan lengkuas dan garam: Ambilah 1 lengkuas untuk dibelah dan gunakan sisi belahan lengkuas itu untuk digosokan pada panu, supaya akibat lebih maksimal kita mampu menaburkan sedikit garam pada bagian luar belahan lengkuas tadi.Gosok kulit yang terserang panu hingga kulit agak memerah dan terasa pedih. Lakukan faktor sejenis itu 3 kali dalam 1 hari saja sehingga panu akan menghilang dengan cepat.

13. Belimbing wuluh dan kapur sirih


Paduan perpaduan belimbing wuluh bersamaan kapur sirih akan sehingga bahan yang sangat manjur dan ampuh untuk menanggulangi panu dan jamur.

Cara menghapus panudengan belimbing wuluh dan kapur sirih: Tumbuk halus belimbing wuluh dan campur dengan kapur sirih sekedarnya lalu berikanlah pada bagian panu hingga sehingga kering dan bersihkan dengan air bersih.

14. Jeruk Nipis dan belerang


Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral pada belerang mampu ampuh membunuh kuman dan jamur yang membandel khususnya panu.

Cara menghapus panu dengan jeruk nipis dan belerang:Tumbuk halus belerang sekedarnya dan campur dengan perasan air jeruk nipis lantas aduk rata dan berikanlah pada panu. Lakukan tutorial barusan 2-3 kali sehari lewat tutorial teratur. Jadi panu akan menghilang dengan cepat.

Itulah 14 cara menghilangkan panu di wajah yang bisa kamu lakukan. Sebelum munculnya panu yang bisa mengganggu penampilan, kamu bisa mencegahnya dengan masih menjaga kebersihan kulit.