√ Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Wanitabaik.com - Bagi kamu yang gemar memasak tentu tidak asing lagi dengan cuka apel atau apple cider vinegar. Jenis cuka ini tidak jarang dipakai dalam beberapa resep hidangan, semacam salad, marinasi daging, bahkan minuman, untuk menambahkan rasa asam yang segar.

Tak hanya hingga situ, cuka apel juga menyimpan kegunaaan untuk menolong menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Sila baca ulasan berikut ini untuk mengenal beragam kegunaaan cuka apel untuk wajah dan tutorial mengaplikasikan cuka apel dalam beberapa produk perawatan wajah sehari-hari kamu. Tapi, sebelum kamu tahu soal kegunaaan tersebut, yuk ketahui dulu kandungan di dalam cuka apel.


Kandungan Cuka Apel


Cuka apel merupakan suatu tipe minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Kandungan asam asetat merupakan bahan aktif dalam cuka yang kaya manfaat. Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Walaupun tetap tergolong dalam tipe cuka, cuka apel punya perbedaan sangat mencolok dengan cuka putih, salah satunya dari sisi manfaat. Cuka apel mengandung bahan aktif yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, menolong menurunkan berat badan, mengurangi lemak di perut, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah


Selain beragam kegunaaan kesehatan yang telah disebutkan di atas, tipe cuka ini juga bisa dipakai dalam rutinitasmu sehari-hari dalam menjaga kecantikan, salah satunya membersihkan dan mencerahkan wajah. Pertanyaannya, memangnya boleh membersihkan wajah dengan cuka apel? Tentu boleh!

Alami dan natural, tipe cuka ini sanggup menghapus bekas make up dan menyerap minyak berlebih penyebab jerawat. Tak hanya itu, berikut merupakan beberapa kegunaaan yang kamu dapatkan dari cuka apel berkaitan dengan kecantikan. Check this out!

1. Mengurangi Bintik-Bintik yang Muncul Akibat Penuaan


Jika kamu cermat dan rajin mencari bahan dari produk kosmetik dan kecantikanmu, kamu akan menemukan bahwa salah satu unsur yang dipakai merupakan Alpha Hydroxy Acid atau AHA. AHA inilah yang menjadi senyawa kimia yang tidak jarang kamu tempelkan di wajahmu demi tampil indah nan mempesona.

Tak heran, jika tidak sedikit pakar menyebut bahwa cuka apel bisa menolong menghapus kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru yang sehat maka kulit indah terawat bukan hanya mimpi. Selain itu, bekas jerawat pada kulit pun akan memudar dan perlahan-lahan menghilang.

2. Mengatasi Jerawat


Sering risih dengan persoalan jerawat membandel? Apalagi kalau mau ketemu dengan gebetan. Bakal maka malu deh kalau ada jerawat! Nah, cuka apel maka opsi untuk menolong menanggulangi jerawat membandel di wajah kamu.

Cuka apel diketahui mengandung asam malat yang bertujuan sebagai anti bakteri dan anti jamur. Penggunaan cuka ini dengan cara teratur pada wajah pastinya akan menghindarkan bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Tak heran, cuka ini lumayan bisa kamu andalkan dalam soal menghapus jerawat.

3. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah


Kamu tidak jarang mencicipi kulit yang terlalu berminyak? Kulit terlalu kering? Atau, kulit wajah tidak lebih kencang dan elastis? Itu bisa maka dikarenakan sebab pH wajah yang tidak lebih seimbang. Wah, gawat! pH yang tidak lebih sebanding bisa saja mengajak gangguan kulit wajah lainnya.

Jangan khawatir! Kamu bisa memakai cuka apel untuk menolong menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Kandungan pH pada cuka apel yang mirip dengan pH ada lapisan asam pada kulit menjadikan cuka ini sempurna untuk dipakai sehari-hari untuk memelihara kulit dan mencegah kulit wajah dari kering atau berminyak.

4. Mencegah Kerutan


Untuk kamu yang mulai khawatir dengan kerutan, cobalah memakai cuka apel setiap hari pada wajah. Kandungan asam di dalam apel menunjukkan kegunaaan untuk mengurangi garis-garis halus yang timbul pada wajah maka kamu akan tampil tahan lama muda, mempesona, dan memikat.

5. Menghilangkan Racun Dari Kulit Wajah


Polusi dan radikal leluasa menjadi hambatan yang timbul pada kulit sehatmu. Hal ini kalau dibiarkan akan memunculkan kulit kusam atau timbulnnya tidak sedikit jerawat yang memudarkan pesona wajah cantikmu. Bahkan, radikal leluasa bisa saja memunculkan kanker kulit yang pastinya kamu coba hindari.

Untuk itu, cuka apel bisa kamu gunakan untuk membersihkan kulit wajah dan membuang racun penyebab kulit kusam dan jerawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga menolong mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kulit mati bisa diangkat dengan cuka ini maka wajah kamu tetap indah dan terawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga menolong mencegah kerusakan kulit.

6. Mengecilkan Pori-Pori


Seperti yang telah disebutkan di atas, cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid alamiah yang menolong mendorong pembentukan sel kulit baru maka penampilan kamu akan stand out dengan kulit wajah cantik, cerah, dan mempesona.

Tak hanya itu, kandungan AHA diketahui sanggup mengecilkan pori-pori kulit maka menjadikan kulit halus dikala disentuh. Kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan kulit wajahmu cerah.

7. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari


Liburan di pantai yang seharusnya membahagiakan maka terganggu sebab persoalan kulit terbakar matahari? Atasi persoalan sakit dan perih pada kulit yang terbakar matahari dengan cuka apel.

Kemampuan cuka apel untuk menyeimbangkan kadar pH kulit menolong kamu menanggulangi persoalan kulit terbakar matahari, mempercepat penyembuhan, dan mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi lecet dan terkelupas.

Memanfaatkan Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Berminat mencoba memakai cuka apel dengan cara selalu pada kulit wajah kamu? Cuka apel bisa dipakai dalam masker, toner, ataupun pembersih wajah kamu sehari-hari. Kandungan manfaatnya menjamin yang akan terjadi yang paling baik untuk kulit wajahmu.

Eits, tapi jangan sembarangan, lho. Kamu tidak disarankan untuk mengoleskan cuka apel dengan cara pribadi ke kulit wajah kamu. Tambahkan sedikit air sebelum kamu mengoleskan cuka ini ke kulit wajah. Berikut ini merupakan beberapa produk kecantikan dengan bahan cuka apel yang bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah.

1. Masker Wajah


Untuk kamu yang mempunyai kulit wajah yang kering, kamu bisa mencoba membikin masker yang sangat mudah ini. Kamu hanya butuh mencampur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan cuka apel hingga rata. Setelah itu, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, lalu biarkan selagi 20 menit. Bilas dengan air hangat suam-suam kuku, lalu bilas kembali dengan air yang agak dingin. Masker ini bisa dipakai 3 kali seminggu untuk menenangkan kulit wajah yang rusak, melembapkan kulit wajah, menyeimbangkan pH kulit, dan menanggulangi kulit wajah yang kering.

Agar masker wajah ini mempunyai efek mencerahkan kulit, kamu bisa menambahkan 2 sendok makan krim asam pada campuran masker wajah di atas. Masker ini bisa dipakai 2 kali seminggu untuk melembapkan kulit, menolong pengelupasan kulit mati, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, menghapus bekas jerawat, dan mencegah timbulnya jerawat.

2. Toner Wajah


Toner biasanya dipakai seusai proses membersihkan wajah untuk menolong membersihkan sisa minyak dan makeup pada wajah. Toner yang keren juga menolong menenangkan dan menghaluskan kulit wajah.

Gunakan cuka apel dalam toner wajah. Untuk membuatnya, campurkan air dengan cuka apel dengan rasio 1 : 2. Setelah itu, oleskan toner ini dengan kapas lembut untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan menolong menyehatkan kulit wajah. Tapi ingat, bila kulit kamu tergolong kulit yang sensitif, cuka apel sebaiknya dicampur dengan lebih tidak sedikit air untuk membuatnya menjadi lebih encer.

3. Garam Mandi


Kamu suka berendam di bak mandi dengan air hangat demi memperoleh relaksasi seusai seharian beraktivitas?  Kamu sempurna tidak melupakan menambahkan garam mandi maka waktu berendam kamu juga menjadi waktu yang sempurna untuk membersihkan kulit.

Supaya kebiasaan berendam ini maka terus bermanfaat, kamu bisa menambahkan cuka apel pada air rendaman yang kamu gunakan. Caranya, campurkan 500 ml cuka apel dengan 650 gram garam Epsom dan 15 tetes essential oil lavender ke air dalam bak mandi. Manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit pun tidak cuma kamu rasakan pada kulit wajah saja, tapi juga kulit tubuh.

4. Obat Jerawat


Cuka apel punya kegunaaan sebagai anti bakteri dan anti virus bagi tubuhmu. Untuk itu, tidak heran apabila cuka apel tidak sedikit dipakai sebagai obat jerawat yang ampuh. Oleskan saja sedikit cuka apel yang telah dicampur dengan air dibagian kulit yang mengalami persoalan jerawat.

Campurkan cuka apel dengan air pada rasio 1 : 3, umpama 100 ml cuka apel dicampur dengan 300 ml air. Oleskan pada area kulit yang berjerawat. Biarkan kurang lebih 5 - 20 detik, lalu bilas dengan air, dan keringkan. Bekas jerawat pun perlahan-lahan akan menghilang dengan penggunaan cuka apel dengan cara rutin.

5. Pereda Kulit Terbakar Matahari


Pernah mencicipi sakitnya kulit terbakar matahari? Untuk itulah, kamu memperlukan lotion yang menolong mencegah pembakaran kulit oleh matahari. Jika kamu lupa membawanya, kamu bisa jadikan cuka apel sebagai lotion alamiah yang mencegah kulit terbakar matahari.

Cara membuatnya merupakan campurkan kurang lebih 125 ml cuka apel dengan 1 liter air. Gunakan handuk atau lap bersih yang telah dibasahi dengan campuran cuka apel dan air ini. Lalu, tepuk-tepuk lembut tahap kulit yang terbakar matahari memakai handuk atau lap bersih tersebut. Cuka apel tidak hanya menolong mendinginkan kulit, tapi juga mendorong penyembuhan kulit yang terbakar matahari.

6. Mengatasi Gigitan Serangga


Kulit yang digigit serangga pastinya akan terasa gatal dan mengganggu. Ternyata persoalan ini juga bisa diatasi dengan cara alamiah dengan cuka apel. Kamu lumayan menepuk lembut tahap kulit yang digigit serangga dengan kapas yang telah dibasahi dengan cuka apel. Asam dalam cuka apel menolong menghapus rasa gatal, sedangkan khasiat menyeimbangkan pH kulit yang dimiliki cuka apel menolong proses penyembuhan kulit.

Amankah Pakai Cuka Apel Untuk Wajah?


Meski potensi cuka apel untuk kecantikan telah “diceritakan” oleh lumayan tak sedikit penelitian, bukan berarti Kalian boleh sembarangan memakainya di wajah.

Menurut dr. Listya Paramita, Sp.KK, dokter seorang ahli kulit yang berpraktik di Elsheskin Aestetic Clinic dan sekaligus juga menjadi pengisi kolom Experts di Hello Sehat, cuka apel tergolong bahan alamiah yang sebenarnya tak disarankan untuk pribadi dioles pada kulit. Kenapa?

Dari segi ilmu medis, hingga kini belum ada studi ilmiah yang sangatlah bisa mengambarkan mengenai keamanan, manfaat, dan kemanjuran cuka apel buat wajah. Studi-studi yang telah ada tetap terbatas sebagai penelitian kecil di laboratorium dan hanya menilik kandungan asam dalam cuka dengan cara terpisah.

Itu sebabnya ternyata tak semua orang-orang bisa mencicipi efek yang sama dari cuka apel. Pada orang-orang yang mempunyai tipe kulit normal alias persoalan ringan, cuka apel mungkin saja bermanfaat.

Namun pada orang-orang tertentu yang persoalan kulitnya lebih serius alias kompleks, pengolesan cuka apel bisa berbalik memperparah keadaan yang dimiliki.

Jangan Pakai Cuka Apel Apabila Kulit Kalian Sensitif


Ya. Jika kulit Kalian sensitif alias punya luka terbuka, semacam bekas jerawat yang dipencet dan belum sembuh, ada kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami risiko efek samping dari pemakaian cuka apel dengan cara sembarangan.

Penting diketahui bahwa kadar pH cuka apel lumayan tinggi, yaitu kurang lebih 2-3. Mengoleskan bahan yang ber-pH asam tinggi rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit wajah yang sensitif.

Beberapa contoh permasalahan bahkan mengabarkan asam dari cuka bisa menyebabkan terjadinya luka bakar kimia pada kulit wajah, apalagi apabila dibiarkan dalam waktu lama.

Segala kemungkinan risiko ini membikin sebagian besar dokter kulit dan pakar kecantikan tak menyarankan masyarakat memakai cuka apel untuk wajah.

Cara Aman Pakai Cuka Apel Untuk Kulit


Jika Kalian tetap penasaran mengenai fungsi cuka apel sebagai perawatan wajah, tak ada salahnya untuk mencoba asalkan tahu tutorial amannya.

Sebelum mengoleskan cuka apel dengan cara merata di seluruh permukaan kulit wajah, sebaiknya tes dulu dengan mengusapkan cuka tipis-tipis di kulit belakang indera pendengaran alias punggung tangan. Tunggu kurang lebih 1-2 jam dan apabila setelahnya kulit menjadi merah alias justru teriritasi, jangan gunakan cuka apel untuk wajah.

Bila tak timbul efek yang mengkhawatirkan, Kalian boleh mengoleskan cuka apel di wajah tapi larutkan dulu dengan sedikit air. Celupkan kapas bersih ke larutan tersebut dan usapkan ke kulit muka dengan cara merata.

Jika tetap ragu, konsultasi ke dokter kulit mengenai tutorial yang lebih aman untuk memelihara kulit wajah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel