Skip to main content

√ Ketahuilah Beberapa Keunikan Bentuk Perut Hamil Muda Saat Duduk

Wanitabaik.com - Bentuk perut ibu hamil muda saat duduk sangat bervariasi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Tetapi tidak perlu terlalu berpikiran negatif, jika merasa ada keganjalan Anda bisa langsung konsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk mendapat penjelasan yang benar.

Bentuk Perut Hamil Muda saat Duduk

Beberapa Bentuk Perut Hamil Muda saat Duduk

Pada saat hamil muda, bentuk perut masing-masing wanita pasti tidaklah sama. Kebanyakan orang menyangkutpautkan hal ini dengan jenis kelamin bayi. Namun dari segi kesehatan belum ada penelitian tentang itu, maka tak bisa dijadikan pendeteksi yang akurat. Berikut penjelasannya:

1. Bentuk Perut Rendah

Setiap kehamilan memang tidak selalu sama, dari tanda-tanda awal hingga bentuk perut masing-masing memiliki ciri sendiri. Jadi jangan merasa berbeda dengan lainnya, karena bisa saja hal tersebut tak berarti apa-apa.

Bentuk perut rendah merupakan tanda bahwa embrio tertanam di bagian bawah rahim. Kondisi ini bukan berarti ada kelainan pada kehamilan Anda. Karena hal tersebut tidak membahayakan dan masih termasuk kasus normal.

2. Bentuk Perut Tinggi

Hamil pada awal trimester memang menyebabkan banyak perubahan, dari bentuk tubuh hingga kebiasaan. Namun sebagai seorang ibu, Anda harus tetap memperhatikan asupan gizi janin agar dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Saat hamil muda, terkadang ada yang perutnya berbentuk bulat namun letakknya agak lebih tinggi dari biasanya. Posisi janin berada tepat di bawah dada. Namun tetaplah tenang hal ini bukanlah suatu kelainan.

3. Perut Berbentuk Bulat

Seseorang yang sedang hamil, pasti sangat penasaran dengan wujud si bayi di dalam kandungannya. Bentuk perut juga kerap kali dianggap sebagai penentu jenis kelamin bayi. Namun untuk mengetahui kebenarannya lebih baik langsung melakukan USG di dokter spesialis kandungan.

Kebanyakan kehamilan dengan bentuk bulat dialami oleh wanita yang baru pertama kali merasakan mengandung. Namun ada juga anggapan menyatakan bahwa perut mirip bola ini bayinya berjenis kelamin perempuan

4. Perut Berbentuk Lonjong

Berbanding terbalik dengan perut bulat, bentuk lonjong kerap kali dianggap sebagai tanda bahwa bayi berjenis kelamin laki-laki. Hal ini selalu disangkutpautkan karena kebanyakan kasus terbukti. Namun pernyataan tersebut tidak dapat dijadikan acuan karena belum tentu benar dan akurat.

Jadi untuk kebenarannya lebih baik segera pergi ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan menggunakan USG. Apalagi sekarang banyak pelayanan 3D yang menampilkan gambar lebih jelas dan hampir terlihat nyata.

5. Bentuk Perut Berubah-ubah

Biasanya saat trimester awal belum terlihat pergerakan bayi yang aktif namun jika sudah memasuki bulan ke empat, posisi janin bisa merubah bentuk perut. Apabila arahnya vertikal pastilah terlihat agak melebar ke samping, namun jika sebaliknya juga menyebabkan tampak lebih ramping.

Hal inilah yang menyebabkan bentuk perut berubah-ubah pada hamil muda, karena tubuh bayi masih sangat kecil sehingga lebih bebas bergerak ke atas dan bawah bahkan berputar. Maka lebih banyak aktivitasnya jika dibanding trimester akhir.

6. Bentuk Perut Kencang

Tak ada penjelasan ilmiah tentang bentuk perut ibu hamil muda saat duduk satu ini. Karena kondisi perut kencang pasti pernah dialami oleh semua ibu yang sedang mengandung. Namun memang kenyataannya beberapa wanita pernah merasakannya.

Hal ini juga bisa disebabkan karena ibu mengalami kehamilan pertama sehingga belum pernah mengalami peregangan kulit. Jadi perut terlihat sangat kencang dan ketat bahkan adanya yang pusarnya menonjol keluar.

7. Bentuk Perut Melebar

Perut ibu hamil pasti akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Setiap ibu pasti khawatir jika kondisinya berbeda dengan orang kebanyakan, padahal pada kenyataannya sangat bervariasi bentuknya.

Jika dilihat dari sisi ilmiah, mungkin perut melebar dikarenakan posisi bayi yang melintang ke arah kanan dan kiri. Namun hal ini sangat wajar terjadi karena pada usia muda, tubuh janin memang masih sangat kecil jadi lebih mudah bergerak.

8. Bentuk Perut Gantung

Bentuk perut agak menggantung ketika sedang hamil adalah hal yang wajar terjadi. Karena setiap orang memiliki tubuh berbeda-beda. Pada kasus ini, wanita akan terlihat lebih lelah dan lemas. Namun, Anda harus tetap tenang dan tidak perlu merasa cemas.

Sebagian wanita mengandung dengan bentuk menggantung ini biasanya adalah orang yang telah mengalami beberapa kehamilan. Jadi otot dan ligamentumnya sudah melemah dan meregang sehingga tidak setegak sebelumnya dalam menyokong rahim.

9. Bentuk Perut Kecil

Bentuk perut setiap ibu hamil memang berbeda-beda, hal ini bisa saja dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya adalah bentuk tubuh. Pada wanita mengandung berpostur tinggi biasanya tidak terlihat begitu besar.

Jangan gelisah jika perut Anda tidak sebesar wanita hamil pada umumnya, karena postur tubuh yang berbeda dapat mempengaruhi besar dan kecilnya kehamilan. Namun apabila ingin memastikan langsung, bisa datang memeriksakan kandungan ke SPOG.

10. Bentuk Perut Bergelombang

Jika mengalami kehamilan bentuk bergelombang, Anda jangan berfikiran aneh-aneh. Karena bisa saja diakibatkan oleh posisi bayi. Apabila perut melengkung masuk ke bagian dalam biasanya letak janin menghadap kedepan dengan kaki bersila.

Jadi permukaan perut mengikuti bentuk tubuh bayi. Tapi biasanya akan segera berubah kembali ke posisi normal. Maka tetaplah tenang, jangan terlalu berprasangka negatif karena nantinya akan mempengaruhi janin dan produksi ASI Anda.

11. Bentuk Perut Terlalu Besar

Anda pasti pernah mengamati bentuk perut wanita mengandung yang sedang duduk terlihat sangat besar dari ukuran normal padahal usia kehamilannya masih terhitung sangat muda. Kebanyakan orang pasti langsung menilai bahwa bayi di dalamnya adalah kembar.

Ini bukanlah merupakan pernyataan tepat karena hanya melalui USG, hal tersebut dapat dibuktikan. Bisa saja kehamilan besar itu disebabkan oleh postur tubuh ibunya yang agak pendek atau banyaknya tumpukan lemak pada area perut sehingga terlihat lebih besar dari pada umumnya.

Maka dapat disimpulkan bahwa bentuk perut ibu hamil muda saat duduk memang memiliki variasi yang cukup banyak, jadi tidak perlu terlalu khawatir dan was-was karena hal tersebut normal adanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar