Skip to main content

Ini Dia 11 Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama yang Harus Anda Ketahui

Ini Dia 11 Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama yang Harus Anda Ketahui - Memiliki momongan merupakan salah satu hal yang ditunggu oleh setiap pasangan. Namun karena belum terlalu terlihat, beberapa orang terkadang tidak sadar bahwa mereka telah mengandung pada masa 7 hari awal. Untuk itu, kini Anda harus mengenali ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama.

Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Beberapa Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri fisik dan psikis yang sering dialami oleh wanita saat hamil muda pada minggu pertama:

1. Akan Mengalami Mual Disertai Rasa Ingin Muntah

Salah satu pertanda paling umum yang sering dialami wanita pada saat minggu pertama kehamilan, yakni rasa sering mual disertai ingin muntah. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, terutama pada pagi hari. Penyebabnya berkaitan dengan perubahan hormon dalam tubuh.

Kondisi mual akibat adanya perubahan hormon pada saat awal kehamilan merupakan hal yang cukup wajar. Akan tetapi apabila hal ini menyebabkan Anda sangat lemas dan lesu, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2. Biasanya akan Mengalami Kram atau Sakit Perut

Masa awal kehamilan wanita di minggu pertama kerap ditandai dengan rasa sakit pada bagian bawah perut. Biasanya beberapa wanita akan merasakan nyeri seperti kram yang dialami saat masa menstruasi.

Kondisi nyeri ini adalah hal yang cukup wajar dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebab rasa sakit tersebut muncul karena adanya perubahan hormon, pembesaran ukuran rahim atau peregangan ligamen.

3. Akan Mengalami Pendarahan Berupa Keluarnya Bercak Darah

Ciri-ciri lain yang menjadi pertanda dari kehamilan pada 1 minggu pertama ialah, terjadinya pendarahan berupa keluarnya bercak darah atau disebut juga dengan implantation bleeding. Kondisi ini timbul akibat proses menempelnya calon janin pada dinding rahim.

Bercak darah yang keluar biasanya tidak terlalu banyak seperti saat haid. Periode waktunya pun tak akan lama layaknya masa menstruasi.

4. Lebih sering Buang Air Kecil

Pertanda selanjutnya yang menjadi indikator dari masa awal kehamilan di minggu pertama adalah, meningkatnya frekuensi buang air kecil. Calon ibu biasanya akan lebih sering bolak balik ke kamar mandi.

Meningkatnya frekuensi buang air kecil ini disebabkan karena calon janin di dalam rahim membutuhkan ruang untuk bertembuh. Hal tersebut kemudian membuat kandung kemih ibu tertekan, sehingga timbulah rasa ingin kencing lebih sering.

5. Terkadang Kesulitan Buang Air Besar atau Sembelit

Selain meningkatnya frekuensi kencing, beberapa wanita juga mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar pada saat minggu pertama kehamilan. Kondisi ini disebabkan karena adanya tekanan pada usus besar akibat peregangan rahim.

Kondisi sembelit ini kadang juga akan terjadi saat proses menuju persalinan. Untuk mengurangi efek dari keadaan tersebut, sebaiknya para calon ibu lebih sering mengkonsumsi makanan berserat selama kehamilan.

6. Menjadi Lebih Sering Mengantuk

Dari segi psikis, pada masa 1 minggu pertama kehamilan biasanya para wanita akan jadi lebih cepat lelah. Kondisi tersebut menimbulkan kantuk tak tertahankan yang bisa terjadi setiap waktu. Jika Anda mulai mengalaminya, maka sebaiknya segeralah untuk istirahat.

Kondisi cepat lelah dan sering mengantuk tersebut sangatlah wajar terjadi. Faktor ini timbul akibat adanya perubahan hormon pada wanita hamil.

7. Merasa Lebih Sensitif Indra Penciumannya

Pada awal kehamilan di minggu pertama, kebanyakan wanita akan merasakan kondisi yang berbeda pada tubuhnya termasuk indra penciuman. Mereka menjadi lebih sensitif terhadap bau-bau apapun, salah satunya ialah makanan.

Beberapa orang bahkan menjadi tidak mau makan karena merasa tidak menyukai bau-bau tertentu. Namun, sebagian lainnya justru ada yang jadi lebih suka dan akhirnya memiliki nafsu meningkat.

8. Mengalami Preferensi Makanan yang Berubah

Selain sensitif terhadap bau-bau, preferensi selera makanna wanita pun biasanya juga akan berubah pada masa awal kehamilan. Sebagian dari mereka menjadi lebih pilih-pilih atau menyukai beberapa menu tertentu saja.

Kondisi psikis ini terjadi akibat adanya perubahan hormon yang menyebabkan para wanita memiliki preferensi mood tertentu soal makanan.

9. Wanita Akan Lebih Sering Mengalami Perubahan Mood Secara Drastis

Perubahan psikis lain yang terjadi pada saat kehamilan pada minggu pertama ialah, pergantian mood secara drastis. Wanita hamil akan menjadi lebih sensitif seperti mudah marah, tersinggung, bahkan menangis secara tiba-tiba.

Kondisi suasana hati yang buruk ini cukup wajar terjadi pada trimester pertama, karena adanya perubahan hormon. Jadi, sebaiknya para suami menjadi lebih sabar dan perhatian kepada istrinya pada saat-saat tersebut.

10. Payudara Mengalami Pembengkakan atau Jadi Lebih Sensitif

Ciri fisik lainnya yang menjadi pertanda kehamilan dari seorang wanita pada 1 minggu pertama ialah, payudara tampak bengkak sekaligus sensitif. Salah satu bagian tubuh tersebut pun akan terasa nyeri ketika disentuh.

Akan tetapi, salah satu ciri-ciri ini sifatnya cukup relatif. Sebab, tidak semua wanita mengalami payudara nyeri dan sensitif pada saat minggu pertama kehamilan.

11. Mengalami Sakit Pinggang pada Bagian Bawah

Sakit pinggang pada bagian bawah merupakan salah satu pertanda yang kerap dialami oleh calon ibu pada masa awal kehamilan. Rasa nyeri tersebut timbul karena adanya proses penempelan zigot pada bagian rahim.

Pada beberapa orang, kondisi seperti ini biasanya akan terus berlanjut selama kehamilan. Terutama saat mulai terjadi penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh.

Itulah berbagai ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama. Semoga dengan adanya informasi tersebut kini Anda bisa lebih mengenali dan mempersiapkan kehamilan dengan baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->