Skip to main content

√ Tanda-Tanda Hamil Muda yang Perlu Diketahui

Wanitabaik.com - Menunggu datangnya kelahiran jabang bayi merupakan saat berbahagia yang telah dinantikan sejak lama. Suami dan istri merasa diberi karunia terindah dalam kehidupan berumah tangganya. Namun ada kalanya menghadapi tanda-tanda hamil muda dapat dikenali dan tidak terduga.

Hamil Muda

Beberapa Ciri Hamil Muda yang Tidak Disadari

Menantikan kehamilan tentunya disertai dengan tahapan proses dengan tanda-tanda tertentu. Tapi Ibu hamil sering mendapati dirinya tidak sadar bahwa tengah mengandung. Lebih kurang ada 15 ciri hamil muda yang tidak disadari oleh ibu rumah tangga, mengingat adanya perubahan kondisi kesehatan tubuh.  Berikut di antaranya:

1. Rasa Kram dan Bercak Darah

Apa yang dirasakan perut saat hamil muda paling menonjol adalah kram, selain itu tanpa disadari timbulnya bercak darah. Seringkali karena ketidaktahuan hal tersebut dianggap gejala haid pada umumnya. Saat rahim mengalami kontraksi darah haid keluar dan menimbulkan efek kram.

Lalu bagaimana ciri hamil 1 minggu? Adalah timbulnya kedua gejala seperti kram dan terdapat tetesan darah layaknya sedang haid. Namun bila diteliti lebih lanjut, hal itu bukanlah sedang menstruasi melainkan sel telur ketika sudah dibuahi akan membentuk struktur gestasi biasa disebut blastosis.

2. Intensitas Buang Air Kecil yang Terlalu Sering disertai Konstipasi

Terdapat gejala hamil muda yang tidak diketahui saat rahim perlahan menekan kandung kemih sehingga membuat ibu yang sedang mengandung janin tersebut merasa terlalu sering buang air kecil. Kondisi seperti ini biasanya diindentikkan dengan udara dingin serta banyaknya minum air.

Tanda tanda hamil muda pada perut adalah tekanan bagian usus yang berakibat timbulnya sembelit. Tapi karena perkiraan ibu hamil lebih ke arah gangguan pencernaan, tanpa disadari hal tersebut merupakan gejala usia kandungan muda. Sulitnya buang air besar merupakan bagian dari hamil 1 bulan.

3. Mengalami Rasa Mual

Ketika dihadapkan pada rasa mual ibu hamil muda, kadang menganggap kondisi tersebut sebagai masuk angin, gangguan pencernaan atau kelelahan. Perbedaan mual hamil dan masuk angin dapat dilihat dari mengamati peningkatan hormon kehamilan atau disebut sebagai Human Chorionic Gonadotropin.

Mual saat hamil sampai kapan? Hal tersebut bergantung dengan kondisi kesehatan ibu hamil. Maka jika terjadi mual atau bahkan muntah berlarut-larut, sebaiknya melakukan konsultasi dan memeriksakan diri ke dokter demi menangani gejala serta mengetahui lebih pasti penyebab utamanya.

4. Mengalami Pusing Seperti Mau Pingsan

Pusing dan mual apakah tanda hamil bisa dikatakan, kondisi tersebut memungkinkan namun bisa juga disebabkan mengalami anemia. Hal ini dapat dibedakan melalui perubahan hormon ketika sedang mengandung. Karena sifatnya yang samar, membuat ibu hamil menganggapnya kekurangan sel darah.

Perubahan hormon saat hamil adalah sesuatu yang wajar terjadi dan tidak dapat dihindari. Saat pusing terjadi produksi hormon kehamilan membuat pelebaran pada pembuluh darah. Namun apabila diketahui positif hamil tapi tidak mual, sebaiknya melakukan tes USG untuk melihat kondisi kesehatan janin.

5. Mudah Mengalami Kelelahan

Salah satu tanda hamil muda sebelum telat haid adalah mengalami kelelahan. Hal tersebut mungkin tidak disadari karena dianggap sebagai dampak yang didapatkan dari rutinitas setelah seharian bekerja. Padahal bisa saja menjadi indikasi bahwa sedang mengandung janin dalam rahim wanita.

Lakukan tes kehamilan menggunakan alat pengujian yang sesuai anjuran dokter dan mendapat izin BPOM. Sebab hamil muda sebelum telat haid ditandai dengan meningkatnya hormone progesterone, detak jantung, serta sistem metabolisme di dalam tubuh sehingga menyebabkan kelelahan.

6. Mengalami Perubahan Mood

Perubahan mood kerap dialami oleh ibu yang sedang hamil muda. Hal tersebut wajar bila terjadi karena aktivitas tidak stabil dari produksi hormon mempengaruhi kejiwaan dari wanita sedang mengandung tersebut. Ciri-ciri emosi ibu hamil dapat dinilai sendiri oleh suami melalui sifat dan sikap terlihat.

Sikap tiba-tiba selera makan tinggi ditambah mudah tersinggung, pemarah dan pelupa termasuk ciri-ciri orang hamil muda dari raut wajah yang dapat dikenali dari bentuk pengekspresian emosi. Namun karena dihubungkan dengan PMS, perempuan tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengandung.

7. Pembengkakan pada Payudara

Pembengkakan pada payudara merupakan tahap awal dari kehamilan. Perlahan mulai terjadi aktivitas dalam mempersiapkan ASI. Selain itu, timbul sensitiftas lebih tinggi serta menjadi lebih lunak dari biasanya. Kondisi tersebut dianggap sebagai ciri hamil muda yang sehat namun sering tidak disadari.

Salah satu pertanda menjelang masa menstruasi menyebabkan rasa nyeri dan bengkak pada payudara. Hal inilah kemudian dianggap sebagai dampak dari haid, sehingga tanpa sadar bahwa wanita tersebut sedang hamil muda karena terdapat janin di dalam rahimnya.

8. Indera Penciuman Sensitif

Selama hamil muda sering dirasakan oleh wanita tersebut memiliki indra penciuman lebih peka dari biasanya. Ada sebagian dari mereka sangat sensitif ketika mencium aroma pewangi atau bau menyengat pada makanan, apalagi merupakan suatu pantangan hamil muda ketika memakan makanan mentah.

Dalam mengonsumsi sumber nutrisi tercukupi yang dianjurkan adalah memakan sayuran hijau matang, jus jeruk, ubi jalar dan kacang-kacangan. Itulah sebabnya memberi makanan untuk ibu hamil muda sedapat mungkin mengindari aroma menyengat dan terhindar dari bakteri agar memberi rasa nyaman.

9. Lebih Sering Bermimpi

Penyebab sering mual di malam hari mungkin dapat dikategorikan sebagai ciri wanita yang sedang hamil muda, karena terjadi perlebaran pembuluh darah. Selain itu ketika tidur kemudian bermimpi dengan intensitas tidak seperti biasanya memperkuat tanda kehamilan. Namun hal ini sering tidak disadari.

Mimpi dalam masa mengandung janin usia muda menyangkut perasaan sang ibu itu sendiri karena terjadinya perubahan hormon. Bahkan mimpi tersebut dirasakan seolah-olah terlihat nyata. Maka dari itu, tidak jarang perempuan hamil mudah mengingat dan menceritakan ulang mimpi yang dialami.

10. Mudah Merasa Lapar

Sebagai informasi perempuan hamil muda butuh asupan mencapai 200 kalori pada awal kehamilan per hari. Bahkan contoh hamil tanpa gejala terlihat dari timbulnya nafsu makan berlebih. Namun karena hal ini dianggap suatu hal yang biasa, maka perlu pemeriksaan apakah rahim berisi janin atau tidak.

Ketika diketahui bahwa perempuan tersebut positif hamil, maka sebaiknya memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Sebab larangan makanan untuk ibu hamil juga perlu diketahui. Jangan sampai ketidaktahuan tersebut justru menimbulkan masalah pada kesehatan dan perkembangan janin.

11. Timbulnya Jerawat

Selama masa hamil muda, meningkatnya kadar hormon dan nafsu makan mendorong lebih banyak pergerakan aliran melalui pembuluh darah. Kondisi tersebut memicu kelenjar minyak diproduksi secara berlebih. Maka dari itu membuat kulit terlihat seperti kemerah-merahan.

Selain itu kelebihan kelenjar minyak tersebut mendatangkan bintik-bintik jerawat dan wajah kusam saat hamil muda. Gejala seperti ini mungkin juga tidak terlalu dipedulikan, karena sudah normal ketika masa haid datang. Maka disarankan untuk melakukan tes kehamilan agar dapat diketahui kepastiannya.

12. Mengalami Keputihan

Sebagian perempuan terkadang mengalami tanda hamil keputihan pada masa minggu-minggu awal kehamilan akibat dinding kemaluan menebal. Namun tidak jarang juga bisa terjadi sepanjang masa mengandung janin. Hal tersebut tentu sangat mengganggu maka sebaiknya menjalani perawatan.

Demi menghilangkan keputihan akibat infeksi jamur tersebut butuh pengobatan sesuai dengan anjuran tenaga medis yang ahli di bidangnya. Namun, karena terlalu fokus untuk mengobati keputihan ibu hamil muda tersebut tidak menyadari ada janin mengisi rahimnya. Maka perlu dilakukan pengujian kehamilan.

13. Mengalami Peningkatan Denyut Jantung

Peningkatan denyut jantung dapat dijadikan sebagai tanda kehamilan muda. Biasanya kondisi ini terjadi pada minggu kedelapan hingga minggu kesepuluh. Jantung akan memompa darah lebih cepat dari keadaan normalnya atau biasa disebut palpitasi.

Meningkatnya aliran darah tersebut demi memenuhi kebutuhan janin. Dampak yang dihasilkan adalah mual muntah saat hamil pertanda janin kuat. Kejadian itu termasuk wajar namun diperlukan pemeriksaan bilamana dibutuhkan obat terkait kesehatan jantung sesuai anjuran dan dosis.

14. Mengalami Sakit Kepala

Sering ditemui pada artikel awal kehamilan bahwa frekuensi sakit kepala atau migrain meningkat selama kehamilan muda. Hal ini karena aktivitas hormonal yang terjadi pada perempuan. Tetapi siapa yang menduga ketika ingin mengobati sakit kepala justru diketahui wanita tersebut sedang mengandung.

Melalui pemeriksaan dan anjuran dokter, nantinya akan diberi obat pereda nyeri dengan dosis yang disesuaikan. Biasanya gejala seperti ini merupakan tanda-tanda hamil 2 minggu. Migrain dapat datang kembali saat jumlah darah semakin banyak mengalir ke seluruh tubuh, hingga mencakup bagian kepala.

15. Terjadinya Pendarahan Implantasi / Spotting

Kondisi pendarahan implantasi sangat mirip dengan datangnya masa menstruasi termasuk ciri-ciri yang juga hampir serupa. Kondisi seperti ini merupakan ciri ciri hamil muda 1 minggu pertama. Cara membedakannya dilihat dari masa berlangsungnya. Spotting berjalan dalam hitungan jam hingga 3 hari.

Pendarahan implantasi sebelum haid sifatnya tidak menggumpal dan biasanya berwarna merah pucat. Intensitasnya keluarnya darah sangat sedikit bahkan tidak sampai memenuhi pembalut. Perempuan yang sedang hamil muda terkadang menganggap spotting sama dengan haid oleh karena itu butuh edukasi.

Mengenali Ciri Ciri Kehamilan dari Kondisi Perut

Mengamati keadaan perut dapat diketahui berdasarkan ukuran sebagai tanda pasti hamil apalagi didukung dengan pemeriksaan USG. Semakin besar perut sang ibu hamil, maka semakin mendekati pula masa kelahiran anak yang dikandungnya. Lantas, bagaimana ciri-cirinya?

1. Bentuk Perut Hamil Muda

Hamil muda dapat diidentifikasi melalui berbagai gejala salah satunya adalah melalui bentuk perut. Akan tetapi dari besarnya ukuran perut seperti mengembung bergantung pada peningkatan massa tubuh dan berat janin. Bentuk perut hamil muda saat duduk biasanya masih belum terlalu terlihat jelas.

Saat usia kandungan belum mencapai 11 minggu maka perut belum terlihat membesar. Sehingga bentuk perut hamil muda saat tidur tidak terlihat mengembung layaknya usia kehamilan mencapai 3 bulan. Namun ketika sudah mencapai 12 minggu, keadaan perut mulai memperlihatkan pembesaran.

2. Bentuk Perut Hamil 4 Minggu

Pada usia kehamilan mencapai 4 minggu maka sudah mulai terlihat garis kehamilan di perut atau biasa disebut linea nigra. Lebar garis itu mulai dari 0.5 sentimeter hingga 1 sentimeter. Proses terbentuknya terjadi secara alami selama mengandung dan perut terlihat agak membuncit.

Ciri hamil muda anak kedua salah satunya adalah perut terlihat lebih cepat membesar walaupun usia kehamilan 4 minggu. Namun hal tersebut merupakan sesuatu yang dapat terlihat jelas dan faktor psikis membandingkan kelahiran pertama yang sudah pernah dialami dengan kehamilan kedua.

3. Bentuk Perut Hamil 6 Minggu

Mengamati bentuk perut hamil 6 minggu bergantung pada tingkat pertumbuhan janin. Biasanya keadaan perut terlihat sedikit menggembung. Walaupun belum terlihat dengan jelas apabila dilakukan pemeriksaan USG, kondisi janin masih berukuran sangat kecil seperti kacang polong.

Lalu apakah hamil 2 minggu bisa di USG? Hal tersebut sah saja untuk dilakukan, namun pembentukan janin masih belum terlihat dengan jelas. Sebab jika janin berusia 6 minggu saja masih sebesar kacang polong lalu bagaimana usia janin di bawahnya? Maka masih sulit untuk diketahui perkembangannya.

4. Bentuk Perut Hamil 3 Bulan

Ketika memasuki masa kehamilan mencapai 3 bulan atau 12 minggu, perkembangan janin sudah mulai terlihat massa yang semakin bertambah mencapai 23 gram. Lalu apakah hamil 1 minggu perut membesar seperti masa kandungan 3 bulan? Jawabannya tentu tidak demikian.

Bentuk perut hamil 12 minggu sudah terlihat mulai membuncit. Perlunya asupan nutrisi berupa buah yang baik untuk kehamilan 3 bulan seperti alpukat, mangga, anggur, jeruk, pisang dan buah beri. Masing-masing nutrisi terkandung di dalamnya baik untuk perkembangan janin.

5. Bentuk Perut Hamil 6 Bulan

Usia kehamilan mencapai 6 bulan sudah menunjukkan perbesaran walaupun ukurannya bergantung pada postur, berat badan, massa janin dan kuantitas cairan ketuban. Namun dari segi terlihat ciri-ciri perut hamil dan perut buncit seperti tidak berbeda jauh.

Perut buncit diakibatkan karena aktivitas makan yang berlebihan, adanya timbunan lemak, kembung dan sebagainya. Sebagai pembanding, ciri-ciri hamil muda 2 hari belum memperlihatkan perut yang besar seperti hamil 6 bulan, perkembangan janin belum terlihat dan masa implantasi butuh waktu 5 hari.

Berbagai Keluhan Selama Masa Kehamilan

Timbulnya berbagai keluhan selama masa kehamilan adalah hal yang dapat terjadi dan dialami oleh ibu hamil. Bahkan lebih cepat muncul pada saat tanda-tanda hamil 1 hari, karena faktor kecemasan dan timbul rasa mual usai berhubungan badan. Beberapa keluhan yang sering muncu seperti:

1. Keluhan Saat Hamil 2 Bulan

Periode kehamilan pada trimester pertama merupakan momen paling bahagia sekaligus termasuk rawan, karena kondisi janin yang masih rentan dan bentuknya sangat kecil. Keluhan saat hamil 2 bulan adalah morning sickness, pusing, payudara membengkak hingga sering buang air kecil.

Hal tersebut merupakan masalah pada ibu hamil dan cara mengatasinya adalah dengan melakukan konsultasi terhadap dokter kandungan, melakukan tes lab, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta menjauhi aktivitas merokok dan menggunakan alkohol.

2. Keluhan Ibu Hamil Trimester 1

Perhitungan trimester pertama diketahui mulai dari hari pertama haid terakhir ibu hamil hingga akhir minggu ketigabelas. Pada periode ini aktivitas ibu hamil trimester 1 masih dapat berjalan seperti biasa namun mengalami keluhan seperti mual, muntah dan pusing kepala.

Bahkan ciri-ciri orang hamil dari raut wajah dapat terlihat pada periode ini. Sebab pengaruh kehamilan memberikan dampak perubahan emosi ketika diperlihatkan dalam ekspresi marah, bingung, sedih, senang, mudah tersinggung dan sebagainya.

3. Keluhan Ibu Hamil Trimester 1, 2 dan 3

Pada masing-masing trimester yang dibagi dalam 3 periode keluhan yang didapatkan berbeda-beda. Keluhan ibu hamil trimester 1 misalnya menimbulkan rasa mual, ingin muntah dan mudah lelah. Periodenya berlangsung selama 14 minggu pertama masa kehamilan.

Kemudian pada trimester kedua gejala tidak mengenakan tersebut mulai berkurang bahkan tidak ada sama sekali. Kemudian pada trimester ketiga mulai mempengaruhi otot-otot pergelangan dan pernafasan. Keluhan ibu hamil trimester 1,2 dan 3 tersebut pada umumnya sering terjadi.

Mitos-mitos Seputar Kehamilan

Melihat dari sesuatu kabar berhembus dari sebagian orang menganggap sesuatu hal yang mungkin terjadi bahkan dalam masa kehamilan. Mulai dari cara mengetahui kehamilan, mudah dan tidaknya proses kelahiran dan sebagainya. Misalnya cara mengetahui orang hamil dari leher.

Mitos lainnya yang berkembang adalah dalam menentukan jenis kelamin dari calon anak berdasarkan besar ukuran perut, lalu ada lagi makan buah nanas atau nangka menyebabkan keguguran, sampai timbul anggapan bahwa tangan berkeringat apakah tanda hamil dan masih banyak lagi ragamnya.

Sebaiknya ibu hamil tidak terlalu mempercayai berbagai mitos tersebut karena pada dasarnya pengetahuan dan agama membekali diri untuk dapat memilah mana yang baik dan buruk. Maka. tidak mengganggu kenyamanan dalam masa kehamilan hingga proses persalinan.

Larangan Ibu Hamil Menurut Islam

Dari sisi keagamaan seorang ibu hamil khususnya Islam menuntun cara yang baik agar menjauhi larangan. Hal tersebut dilarang, karena membawa kerugian dan dampak tidak baik bagi sang ibu maupun anak dalam kandungannya.

Larangan ibu hamil menurut Islam antara lain meninggalkan shalat fardhu, mengumbar aurat, mengonsumsi makanan haram, menggunjing atau menyakiti perasaan orang lain, berzina, berbuat syirik, menyambung rambut dan sebagainya.

Kurang lebih itulah beberapa pembahasan terkait tanda-tanda hamil muda, disertai tindakan penanganannya serta periode kehamilan dengan gejala apa saja nantinya dialami oleh ibu hamil tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar