Skip to main content

√ 8 Jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Bergizi Tinggi

Wanitabaik.com - Memilih asupan dengan tepat tentu menjadi persoalan utama dalam trimester pertama kehamilan. Karena jika salah takaran, dapat membuat pertumbuhan janin tidak dapat berkembang secara sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya bunda sering mengonsumsi 8 jenis makanan untuk ibu hamil muda berikut.

Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

Beberapa Jenis Makanan untuk Ibu Hamil Muda Bergizi Tinggi

Terdapat berbagai macam produk olahan yang dapat dikonsumsi seorang mama setiap harinya. Hal ini dilakukan agar kandungan menjadi kuat dan janin didalamnya mendapat asupan nutrisi bergizi. Anda dapat mengolahnya menjadi beberapa bentuk menu masakan. Di antaranya adalah: 

1. Olahan Ikan

Pada kehamilan awal, biasanya seorang mama muda dianjurkan untuk sering mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Misalnya Anda dapat memasak ikan salmon yang kaya akan vitamin D dan baik sekali untuk pertumbuhan janin, Selain itu juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan fisik ibu.

Kemudian saat menggoreng ikan pastikan dimasak secara matang, karena ibu yang hamil muda tidak dianjurkan memakan daging mentah. Sebaiknya saat proses memasak, Anda menggunakan kompor dengan api kecil saja agar tak mengurangi kandungan gizi berupa omega 3 di dalamnya.

2. Olahan Daging

Makanan dari bahan daging sapi atau kambing ini memberikan banyak asupan zat besi bagi tubuh ibu dan pertumbuhan janin. Karena jika kekurangan hal tersebut sedikit saja, dapat menyebabkan anemia, yakni kondisi yang dapat membuat bayi nantinya terlahir secara prematur atau sebelum waktunya.

Selain terdapat zat besi, juga terkandung vitamin B dan zinc dalam daging sapi maupun kambing. Keberadaannya dapat menjaga kekebalan tubuh dari janin dengan baik dan bisa membantu proses terbentuknya sel darah merah sekaligus sistem syarafnya sejak dalam kandungan.

3. Olahan Telur

Kemudian makanan untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah berupa produk yang memiliki kandungan asam folat tinggi. Kandungan ini berguna untuk pembentukan sel-sel otak pada janin. Selain itu juga terdapat nutrisi bergizi tinggi bernama kaolin yang bagus sekali bagi kesehatan bayi.

Anda dapat menggunakan jenis telur ayam maupun bebek untuk dikonsumsi setiap pagi hari atau sarapan secara teratur. Jika seorang ibu mengkonsumsi telur selama empat minggu sebelum proses bersalin pada masa kehamilan, dapat mengurangi resiko keguguran janin sebanyak 40 %.

4. Produk Gandum

Makanan untuk ibu hamil muda jenis ini bagus untuk dikonsumsi calon ibu atau seorang mama yang ingin terus menjaga bentuk tubuhnya. Karena biasanya saat mengandung, berat badan menjadi naik drastis dan mengalami obesitas. Anda dapat mengolahnya untuk mengurangi resiko terkena penyakit diabetes pada kehamilan awal.

Tak hanya itu saja, Gandum juga memiliki banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan ibu muda menjadi lancar. Maka tidak akan terjadi sembelit atau bahkan menyebabkan diare berkepanjangan. Produknya sendiri biasanya diolah dalam bentuk roti dan biskuit.

5. Produk Susu Olahan

Merupakan jenis makanan yang banyak mengandung lemak sehat, kalsium, vitamin D, protein dan kaya akan asam folat bagi pertumbuhan janin. Pada kehamilan awal, sebaiknya sering mengonsumsi susu agar tulang bayi menjadi lebih kuat dan membuat badan ibu lebih fit dan tahan dari segala penyakit.

Produk olahan ini biasanya berbentuk keju, yoghurt dan susu yang sudah melewati proses pasteurisasi. Artinya adalah sudah dimasak dan bisa dipastikan terhindar dari bakteri atau kuman berbahaya. Anda dapat mengonsumsinya secara bergantian sebagai makanan tambahan saat sarapan.

6. Bahan Buah-buahan

Makanan untuk ibu hamil muda bergizi tinggi selanjutnya ialah berupa buah seperti apel, alpukat, jambu dan pisang yang kaya akan vitamin dan bagus sekali jika dikonsumsi pada awal kehamilan. Karena banyak memiliki kandungan-kandungan tertentu. Misalnya anti oksidan dan mineral baik bagi tubuh.

Tak hanya itu saja, Anda juga dianjurkan untuk sering mengkonsumsi jeruk setiap minggunya. Karena buahnya mengandung vitamin C dosis tinggi yang berguna sebagai peningkatan metabolism pada tubuh ibu dan janin. Sebaiknya buah dimakan langsung atau di jus dengan cara di blender.

7. Bahan Sayur-sayuran

Kemudian makanan untuk ibu hamil muda lainnya yakni seperti sayur tomat, wortel, kentang, jagung dan lain-lain yang apabila dikonsumsi dapat menguatkan tumbuh kembang janin. Juga memberkan banyak nutrisi dengan gizi tinggi untuk menstimulasi sel-sel maupun otak bayi dengan baik.
Sebaiknya memilih sayuran yang kaya akan kalsium, kalium, zat besi, anti oksidan vitamin A, C, hingga K seperti sayur brokoli, kangkung dan bayam. Selain bagus untuk janin, juga bermanfaat sekali pada sistem kekebalan dan proses pencernaan ibu. Lalu sebaiknya diolah dengan cara dikukus atau direbus.

8. Olahan Air Kelapa Muda

Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, jenis yang satu ini dapat dijadikan pilihan alternatif bagi ibu muda yang sering sekali mengalami muntah di pagi hari pada awal kehamilan. Karena biasanya para mama mengalami siklus ini tidak dalam waktu sekali saja, dalam sehari bisa terjadi mual lebih dari 3 kali.

Dengan sering minum air kelapa muda dapat membuat tubuh Anda tidak kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi parah. Jika masih saja muntah, bisa menambahkan perasan jeruk lemon sebagai penetralisir atau penambah rasa agar perasaan mual tidak datang kembali dan membuat badan ibu menjadi letih.

8 jenis makanan untuk ibu hamil muda bergizi tinggi ini di atas sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Namun, perhatikan juga porsi yang sesuai agar mendapatkan hasil maksimal dan tidak perlebihan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar