Skip to main content

√ Simak dengan Baik Beberapa Tanda-tanda Hamil Muda pada Perut Beserta Solusinya

Wanitabaik.com - Tanda-tanda hamil muda pada perut dapat dirasakan sebagai indikator terjadinya sebuah perubahan di dalam diri seseorang. Kemudian juga hal ini dipengaruhi oleh posisi rahim dan pergeseran hormonal yang menyebabkan organ tubuh lain mengalami gangguan.

Tanda-tanda Hamil Muda pada Perut

Beberapa Tanda-tanda Hamil Muda Pada Perut

Berikut adalah 5 tanda-tanda hamil muda pada perut yang harus diperhatikan para calon mama baru:

1. Perut Terasa Kembung

Jika dirasakan sekilas, gejalanya mirip sekali dengan kondisi saat menjelang menstruasi. Rasa kembung menyebabkan tidak nyaman dalam beraktivitas jadi pada situasi ini jauhi dulu makanan-makanan pemicunya seperti minuman berkarbonasi, kacang-kacangan dan lain-lain.

Gejala ini terjadi karena adanya peningkatan jumlah hormon progesteron yang menyebabkan lambatnya proses pencernaan. Dengan begitu, tubuh dapat fokus menyalurkan nutrisi ke aliran darah sebagai asupan makanan janin.

2. Konstipasi

Selain perut terasa kembung, gejala lain yang dapat Anda rasakan di saat mengalami kehamilan adalah konstipasi atau sembelit. Sebenarnya kedua tanda ini saling berkaitan, namun biasanya rasa susah BAB ini akan terus ada selama bayi belum lahir.

Maka dari itu sebaiknya hindari makanan pedas, berlemak, tinggi gula, cepat saji, gorengan dan lain-lain. Karena hal ini dapat memperburuk sembelit. Jadi konsumsi yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan atau sayuran.

3. Perut Terasa Kencang Seperti Tertarik

Sebagian wanita merasakan perut kencang seperti ditarik. Sekilas sangat mirip dengan kondisi setelah melakukan olahraga ekstrim yang bertujuan mengencangkan otot seperti sit up. Terkadang juga disertai kebas dan kesemutan.

Untuk memperingan kondisi ini, Anda dapat kompres perut menggunakan air hangat kemudian beristirahat yang cukup. Lalu jaga asupan cairan dalam tubuh dengan rutin minum air mineral untuk menjaga kondisi tetap fit dan bertenaga.

4. Perut Terasa Kram

Kram perut ini mirip dengan sakit ketika menstruasi. Jadi kebanyakan orang mengiranya sebagai tanda menjelang haid. Kondisi ini muncul karena terjadinya proses menempelnya embrio di rahim atau biasa disebut implantasi.

Pada umumnya gejala ini dibarengi munculnya flek darah. Maka sering dipikir sedang mengalami menstruasi. Untuk mengurangi rasa kram pada perut, Anda bisa kompres dengan air hangat dan segeralah melakukan pengetesan kehamilan agar lebih jelas.

5. Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Sakit perut pada bagian kiri bawah, pada umumnya terjadi pada usia 3 sampai 4 bulan. Namun beberapa kasus juga ada yang mengalami nyeri di sisi sebelah kanannya. Hal ini dikarenakan adanya pergerakan round ligament sebagai penopang rahim.

Sakit perut sebelah kiri bawah dapat muncul pada saat terjadi gerakan refleks keras pada tubuh seperti batuk, bersin, duduk lalu berdiri dan lain-lain. Maka sebaiknya pada masa-masa kehamilan ini, kurangilah aktivitas terlalu berat.

6. Perut Tak Nyaman Hingga Menyebabkan Mual dan Muntah

Tanda-tanda hamil muda pada perut yang pasti terjadi adalah mual dan muntah atau biasa disebut morning sickness. Kebanyakan wanita mengalami kondisi ini dalam masa-masa trimester awal. Pada umumnya wanita merasakannya hanya diusia janin 2 sampai 4 bulan.

Morning sickness disebabkan adanya perubahan jumlah hormon dalam tubuh antara lain, progesteron, estrogen dan HCG. Maka dari itu, hindari ruangan tertutup, cobalah mencari udara segar kemudian hirup aroma terapi untuk menghilangkan sensasi mualnya.

7. Perubahan Nafsu Makan

Rasa mual berpengaruh besar pada perubahan nafsu makan. Sebagian wanita ada yang merasakan kondisi ini hingga saat kelahiran. Namun itu sangat jarang terjadi, pada umumnya hanya terjadi di awal-awal kehamilan saja.

Perubahan nafsu makan membuat tubuh mencari asupan makanan lain yang nyaman untuk dimakan, hal ini disebut ngidam. Namun Anda harus tetap menjaga kandungan gizinya, agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

8. Perut Terasa Sangat Gatal

Tak banyak yang mengalami kondisi ini pada awal kehamilan. Pada umumnya perut akan terasa sangat gatal jika sudah mendekati usia 5 bulan ke atas. Karena peregangan kulit terjadi sangat signifkan di umur janin itu.

Karena perut semakin membesar, kemudian kelembapan kulit semakin berkurang sehingga peregangan akan terasa sangat gatal. Maka dari itu pengolesan handbody pada perut cukup efektif meredakan kondisi ini.

9. Perut Bawah Mengalami Kedutan

Pada usia kandungan masih muda, sebagian wanita mengalami gejala ini. Kedutan atau gerakan dirasakan di dalam perut sehingga membuat sangat tidak nyaman. Bagi Anda yang baru pertama kali hamil pasti akan aneh dengan hal ini.

Namun tak perlu khawatir, karena hal ini wajar terjadi pada usia kehamilan muda. Peregangan tidak hanya dialami oleh kulit perut saja tapi juga rahim. Perubahan posisi ini yang membuatnya menimbulkan sensasi berbeda.

10. Ukuran Perut Akan Membengkak

Gejala ini memang jarang ditemui, namun pengalaman ini pernah dijumpai pada sebagian wanita. Terjadinya pembengkakan dikarenakan adanya peningkatan jumlah hormon progesteron yang terlalu signifikan menyebabkan bentuk perut sedikit membesar dari sebelumnya.

Ciri-ciri ini dapat nampak pada usia kehamilan diatas 8 mingguan. Pembengkakan perut terjadi dikarenakan adanya kelebihan volume air ketuban dan kondisi ibu yang kelelahan karena aktivitas berat sehari-harinya, maka sementara waktu jauhi dulu kegiatan berlebihan.

11. Heartburn

Pada masa kehamilan awal, perubahan kondisi tubuh akibat pergeseran jumlah hormon progesteron dapat melemaskan otot polos pada rahim sehingga mengakibatkan katup antara kerongkongan dan perut menjadi mudah terbuka. Maka dari itu, asam lambung bisa merembes ke atas.

Heartburn merupakan sensasi terbakar pada dada akibat kandungan asam lambung yang terlalu berlebihan. Untuk menghindari kondisi ini sebaiknya hindari konsumsi kopi, cokelat, permen karet dan minuman berkarbonasi.

Itulah beberapa tanda-tanda hamil muda pada perut yang biasa terjadi pada masa-masa trimester awal. Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar