Skip to main content

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

Cara menghilangkan bau daging kambing - Memiliki rasa dan tekstur yang nikmat, tetapi hanya sedikit orang yang bisa mengolah daging kambing menjadi masakan yang nikmat. Hal ini disebabkan daging kambing mempunyai tekstur yang alot dan aroma yang sangat khas. Bau khas pada daging kambing ini bersumber dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, khususnya pada kambing jantan.

Tak heran, kalau banyak orang yang kesulitan memasak olahan dengan daging kambing tanpa ada aroma yang mengganggu ini. Lalu, bagaimana bila kamu ingin menyajikan makanan-makanan dengan bahan baku daging kambing supaya tetap lezat dan tidak aroma prengus? Berikut ini cara menghilangkan bau pada daging kambing.

Buang Lemak Pada Daging


Cara menghapus aroma pada daging kambing berikutnya ialah dengan menyingkirkan kandungan lemak pada daging kambing. Kebanyakan aroma yang dihasilkan ini bersumber dari kandungan lemaknya. Nah, dengan membuang lemaknya setidaknya bisa mengurangi alot dan aroma pada daging kambing.

Cara mudah menghapus lapisan lemak pada daging kambing ialah dengan memasukkannya terlebih dahulu ke dalam lemari es. Nah, seusai daging membeku kamu bisa dengan mudah memisahkan lemaknya.

Jangan Mencuci Daging Kambing


Hal pertama yang tidak boleh dilakukan pada daging kambing ialah mencuci daging kambing segar. Pasalnya, dengan mencuci daging kambing sebelum dimasak tidak sanggup menghapus baunya. Justru malah membikin tekstur daging kambing menjadi terus alot dan daging kambing cepat mengalami pembusukan.

Oleh sebab itu, sebaiknya daging kambing jangan dicuci. Ada baiknya untuk merebus daging kambingnya. Ya, dengan merebus daging ke dalam kondisi tidak tercuci akan mengurangi aroma amis pada daging kambing. Cukup rebus daging sampai mendidih saja. Setelah itu, air sisa rebusan dari daging kambing berupa kotoran dan busa dan sisa lemak bisa dibuang. Kemudian daging kambing bisa diolah seperti biasanya.

Taburi dengan Garam


Cara menghapus aroma pada daging kambing yang telah terlanjur dicuci ialah dengan menaburkan alias melumuri daging dengan garam. Menaburi daging kambing dengan garam dengan cara keseluruhan bisa menetralkan aroma tidak sedapnya.

Kamu taburi garam dengan cara merata ke seluruh tahap daging kambing, baik dengan garam kasar ataupun garam halus. Setelah merata, diamkan daging selagi 60 menit. Kemudian bersihkan daging dari garam memakai air lalu merebusnya.

Lumuri dengan Jeruk Nipis


Cara menghapus aroma pada daging kambing berikutnya ialah dengan perasan jeruk nipis yang bisa melunakkan daging dan mengurangi baunya. Tak hanya untuk mengurangi baunya, jeruk nipis juga bertujuan untuk mematikan bakteri yang ada di dalam daging kambing.

Baluri Daging dengan Parutan Nanas


Fungsi nanas dalam mengolah kuliner dengan daging kambing ini nyatanya lumayan banyak. Selain bisa melembutkan dan menjadikan daging kambing lunak, dengan nanas aroma pada daging kambing juga bisa hilang.

Pilihlah nanas muda untuk menghapus aroma pada daging kambing. Harus memakai nanas muda sebab adanya getah dari nanas tersebut. Setelah itu, nanas diparut dan taburi nanas ke seluruh tahap daging kambing.

Diamkan selagi 20 menit supaya aroma pada daging kambing bisa hilang. Pastikan jangan terlalu lama menyimpannya, sebab bisa membikin tekstur daging kambing menjadi sangat lunak.

Bungkus dengan Daun Pepaya


Cara menghapus aroma pada daging kambing juga bisa dengan memakai daun papaya. Hal ini disebabkan adanya sebuah enzim di dalam daun papaya yang bisa menetralkan aroma pada daging kambing sekaligus melembutkan dagingnya.

Nah, ketika daging kambing dibungkus dengan daun papaya, enzim yang ada di dalamnya akan bekerja melembutkan daging. Alternatif lain untuk menggantikan daun papaya ialah daun jati.

Rebus Daging Dengan Rempah


Yang terakhir, Kalian bisa menghapus aroma prengus ini dengan menambahkan kemangi, serai, ketumbar alias jahe ke dalam air rebusan daging kambing. Caranya adalah, dengan merendam daging kambing tadi dengan air rempah selagi tidak lebih lebih 30 menit saja.

Menurut Chef Ragil Imam Wibowo, salah satu trik menghapus aroma prengus ialah dengan menambahkan rempah. Umumnya, paduan rempah bumbu kari putih.

"Kalau umpama bau, dibanyakin rempah-rempahnya aja. jahe, cengkeh, kayu manis, adas, dan juga daun jeruk," terang Chef Ragil Imam Wibisono.

Sebenarnya ada cukup banyak rempah yang bisa dipakai untuk menghapus aroma prengus. Namun penerapannya membutuhkan adaptasi dengan sajian yang akan Kalian buat. Karena rempah semacam jahe ampuh menghapus aroma prengus. Tapi apabila Kalian memasak semur daging kambing, penggunaan jahe justru merusak citarasa semur.

Karenanya, chef Stefu memperlihatkan trik lain untuk menghapus aroma prengus pada daging kambing. Ia juga membenarkan kalau banyak rempah yang digunakan, jadi aroma prengus yang ada akan terus berkurang.

"Menghilangkannya (bau prengus) sebetulnya tergantung pada tipe masakannya. Selalu pakai jahe. Tetapi bukan sebab jahe untuk menghilangkan, tapi lebih ke pada kompleksitas dari pada penggunaan rempah," ungkap Chef Stefu Santoso.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->