Skip to main content

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk wajah - Jeruk nipis sering dipakai sebagai bahan dasar produk perawatan kulit. Hal ini khususnya berkaitan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang sangat melimpah. Jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, kalium, seng, dan gula. Belum lagi adanya kandungan asam sitrat yang membuat rasanya jadi asam.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah didapatkan dari beberapa kandungan nutrisi tersebut. Perawatan kulit wajah dilakukan dengan memanfaatkan air hasil perasan jeruk nipis. Setelahnya, kamu hanya butuh mengoleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke wajah, biarkan beberapa menit, lalu bilas wajah sampai bersih. Berikut manfaat jeruk nipis untuk wajah:

Mengecilkan Pori-Pori


Manfaat jeruk nipis untuk wajah bisa mengecilkan pori-pori yang besar. Sebab di dalam jeruk nipis tersedia kandungan zat tertentu yang mempunyai sifat astringen.

Tahukah Kalian apa kegunaaan dari sifat astringent ini? Astringent ini bisa membuat otot-otot menjadi lebih rapat. Hal inilah yang membuat pori-pori wajah yang lebar menjadi normal kembali.

Anti Aging


Usia yang terus bertambah, paparan sinar UV, polusi, dan beberapa zat sehari-hari membuat kulit wajah mulai menampakkan gejala penuaan. Tentunya tak ada wanita yang ingin mempunyai gejala penuaan dini semacam noda hitam, keriput, dan lainnya.

Kebanyakan wanita memilih krim dengan kandungan zat kimia sebagai solusi anti–aging. Padahal jeruk nipis memiliki khasiat untuk wajah bisa juga sebagai antipenuaan. Pemanfaatan jeruk nipis bisa menjadi suatu cara alami dalam menanggulangi gejala penuaan dini, jadi wajah tampak awet muda.

Anda bisa memakai jeruk nipis dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada kulit wajah. Selain itu, Kalian juga bisa memakai masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis. Penggunaan kulit jeruk nipis sanggup mengurangi hiperpigmentasi dan menghambat produksi melanin.

Mengobati Jerawat


Jerawat artinya persoalan umum yang dimiliki oleh orang-orang yang mempunyai kulit wajah berminyak. Orang yang mempunyai kulit wajah berminyak cenderung memperoleh persoalan sumbatan pada pori-pori wajah dan adanya bakteri jadi menyebabkan jerawat.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini sangat penting untuk orang-orang yang berjerawat. Melalui kandungan air jeruk nipis membuat jeruk nipis mempunyai sifat antibiotik jadi bisa menanggulangi bakteri penyebab jerawat.

Gunakanlah air jeruk nipis bersama dengan madu untuk menanggulangi jerawat. Aplikasikanlah kombinasi jus jeruk nipis dengan madu seminggu sekali. Apabila di area jerawat tersedia luka jadi pijatlah luka tersebut memakai sedikit air jeruk nipis.

Mengatasi Masalah Kulit yang Menjadi Warna Cokelat


Tidak ada insan yang bisa terhindar dari paparan sinar matahari. Tanpa disadari, paparan sinar matahari membuat wajah menjadi berwarna cokelat. Masalah seperti ini bisa diatasi menggunakan air jeruk nipis.

Air jeruk nipis bisa dipakai untuk menghapus persoalan kulit cokelat dampak paparan sinar matahari. Khasiat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini bisa Kalian dapatkan dengan memakai air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) alias dahi (dadih) jadi berbentuk semacam pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.

Menyamarkan Bekas Jerawat


Mencampurkan madu dengan air perasan jeruk nipis bisa menolong menyamarkan bekas jerawat. Ini berkah madu mempunyai sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sementara sifat asam dari jus jeruk nipis akan mengendalikan kelebihan minyak.

Campuran kedua bahan ini wajib dipakai setiap minggu sebagai perawatan kulit wajah. Bekas luka yang dikarenakan jerawat bisa tersamarkan dengan memijat kulit wajah dengan air jeruk nipis.

Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati


Sel-sel kulit mati yang tetap tertinggal pada wajah acapkali menjadi penyebab wajah kusam. Wajah akan terus kusam apabila sel-sel kulit mati terus menumpuk. Pada kulit jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bisa mengelupas sel-sel kulit mati.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ini sering dipakai di salon perawatan kecantikan dan juga sebagai pengobatan rumahan. Para wanita yang telah tahu telah mengaplikasikannya pada wajah jadi membuat kulit nampak lebih cerah dan segar.

Menjadikan Kulit Bercahaya


Khasiat jeruk nipis untuk wajah sanggup mengurangi minyak jadi membuat kulit wajah menjadi lebih bersih. Selain itu, air jeruk nipis yang diminum dalam kondisi hangat dan ditambahkan dengan madu akan memunculkan efek bercahaya pada kulit.

Meminum segelas air hangat berisi jeruk nipis plus madu di pagi hari. Jika ingin hasil optimal, minumlah dengan cara teratur. Minuman tersebut akan membuat kulit wajah menjadi bercahaya dan terkesan lebih cantik.

Pembersih Wajah


Kandungan antibiotik pada air jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai pembersih wajah. Bakteri yang menempel pada wajah bisa dikurangi dengan memakai jeruk nipis.

Apabila Kalian membersihkan wajah dengan memakai air jeruk nipis jadi pertumbuhan bakteri yang ada di wajah sanggup ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari beberapa kotoran dan bakteri.

Menyamarkan Bintik-Bintik Hitam


Air perasan jeruk nipis dianggap sebagai zat pemutih alami sebab mempunyai sifat pencerah kulit. Manfaat jeruk nipis untuk wajah juga bisa dipakai untuk meringankan bintik-bintik gelap.

Cara mengaplikasikannya lumayan mudah, Kalian hanya butuh menerapkan air jeruk nipis memakai bola kapas ke tahap kulit yang gelap dan biarkan selagi 30 menit. Namun, pastikan tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Ini sebab air jeruk nipis bisa membuat kulit sensitif kepada sinar matahari.

Menghaluskan Kulit


Beberapa orang telah memakai minyak esensial jeruk nipis dalam tonik kulit untuk menolong menghaluskan kulit, tetapi berhati-hatilah dikala memakai minyak esensial pada kulit dan jangan mengoleskan langsun pada kulit.

Baca label produk dan pilih produk minyak esensial yang diformulasikan untuk dipakai pada kulit. Seperti yang telah dijelaskan di atas, produk berbahan jeruk nipis yang dioleskan bisa membuat kulit Kalian lebih sensitif kepada sinar matahari.

Menjaga Kelembapan Kulit


Terdapat studi yang mengatakan bahwa vitamin C bisa mencegah kulit kehilangan air jadi kelembapannya tetap terjaga. Selain itu, air jeruk nipis juga bisa menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk membuat kulit wajah tetap lembap.

Efek Samping Jeruk Nipis untuk Wajah


Meskipun kegunaaan jeruk nipis untuk wajah sangat bagus, tetapi tipe jeruk ini mempunyai beberapa efek samping apabila dipakai berlebihan. Beberapa efek samping jeruk nipis untuk wajah tergolong memunculkan rasa gatal, iritasi, kemerahan, dan bengkak.

Ini sebab beberapa orang-orang sensitif kepada minyak jeruk nipis ketika diterapkan pribadi ke kulit. Minyak jeruk nipis bisa menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif kepada sinar matahari. Oleh sebab itu, gunakanlah tabir surya dan pakaian tertutup, khususnya apabila berkulit terang.

Namun, penggunaan jeruk nipis sebagai perawatan pada kulit wajah juga mempunyai beberapa risiko. Pada kulit wajah yang ada bekas jerawatnya, mengoleskan jeruk nipis bisa memunculkan rasa perih. Selain itu, zat asam pada jeruk nipis juga berisiko membuat kulit menjadi perih, kering, kemerahan, sampai iritasi.

Jadi, sebelum menggunakan jeruk nipis untuk kulit wajah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya lebih aman dan memperoleh kegunaaan yang optimal.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->