Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wilayah Kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai

wilayah kekuasaan kerajaan samudra pasai. Sultan Malik al Saleh Sultan Malik al Saleh merupakan raja pertama di Kerajaan Samudera Pasai. 13112020 Pada masa sultan ini pula kerajaan Perlak yang merupakan tetangga Pasai masuk menjadi wilayah kesultanan Samudera Pasai.

Saung Elmu Kerajaan Samudera Pasai

Dalam hikayat raja-raja Pasai dijelaskan bahwa Samudera Pasai didirikan oleh Marah Silu setelah menggantikan salah seorang penguasa bernama Sultan Malik al-Nasser.

Wilayah kekuasaan kerajaan samudra pasai. Runtuhnya Kerajaan Samudra Pasai Pada abad ke-15 kerajaan Samudra Pasai kehilangan kekuasaan perdagangan atas Selat Malaka dan kemudian dikacaukan Portugis pada tahun 1511-20. Setelah resmi menjadi kerajaan Islam kerajan bercorak Islam pertama di Indonesia Samudera Pasai berkembang pesat menjadi pusat perdagangan dan pusat studi Islam yang ramai. Berakhirnya Kerajaan Samudra Pasai Kerajaan Samudra Pasai dapat dikatakan sebagai awal bangkitnya kekuasaan Islam di Indonesia sebab Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam yang penting di Indonesia.

Kerajaan Samudra Pasai terletak di wilayah utara Provinsi Aceh sekarang tepatnya di sekitar kota Lhokseumawe. 2662014 Karena wilayah kekuasaan Samudra Pasai yang cukup luas sehingga penyebaran agama Islam di wilayah Asia Tenggara menjadi luas. Pada awalnya kerajaan ini berdiri atas wilayah Kerajaan Lamuri kemudian menundukan dan menyatukan beberapa wilayah kerajaan sekitarnya mencakup Daya Pedir Lidie Nakur.

Pada abad ke-13 Masehi Samudra Pasai yang terletak di pantai utara Sumatra itu di sepanjang Selat Malaka telah menjadi bandar perdagangan internasional pertama untuk mengekspor lada dan sutra. Pedagang dari India Benggala Gujarat Arab Cina serta daerah di sekitarnya banyak berdatangan di Samudera Pasai. Tak heran jika wilayah kekuasaan kerajaan ini berada di sekitar pulau Sumatera termasuk Aceh Selat Malaka dan bahkan kerajaan ini juga memiliki relasi baik dengan negara negara tetangga seperti.

Kerajaan Samudra Pasai merupakan gabungan dari kerajaan Pase dan Peurlak. Masa kejayaan ini berakhir ketika pada masa kekuasaan sultan berikutnya kesultanan Samudera Pasai diserang oleh Kerajaan Majapahit. Pasai ditaklukkan dan menjadi salah satu wilayah Majapahit.

Kerajaan Samudra Pasai secara geografis terletak di pesisir utara pulau Sumatera berada di wilayah administratif Aceh Utara atau tepatnya sekitar 20 km dari pusat kota Lhokseumawe. Samudera Pasai berada di kawasan Selat Malaka pada jalur perhubungan yang ramai antara Arab India dan Cina. 1752018 Kerajaan yang dikenal dengan nama Samudera Darussalam ini terletak di pesisir pantai utara Sumatera kurang lebih di sekitar Loksumawe dan Aceh Utara.

Selanjutnya pada tahun 1524 wilayah Pasai sudah menjadi bagian. Hal tersebut dibuktikan dengan dipindahkan Lonceng Cakra Donya milik Kerajaan Samudera Pasai ke Kerajaan Aceh Darussalam. Secara ekonomi raja-raja Samudra Pasai berusaha mengembangkan terus kerajaannya sebagai pusat pelayaran dan perdagangan.

Akhirnya kerajaan ini dihisab kesultanan Aceh yang timbul tahun. 262015 Wilayah Kekuasaan Kesultanan Pase Pasai pada masa kejayaannya sekitar abad ke 14 terletak di daerah yang diapit oleh dua sungai besar di pantai Utara Aceh yaitu sungai Peusangan dan sungai Jambo Aye jelasnya Kerajaan Samudra Pasai adalah daerah aliran sungai yang hulunya berasal jauh ke pedalaman daratan tinggi Gayo Kab. Posisi kerajaan ini sangat strategis mengingat Selat Malaka adalah jalur perdagangan internasional antara Cina dan India sehingga Samudra Pasai berupaya untuk meningkatkan pengaruhnya dalam bidang perdagangan.

Kerajaan itu telah terkenal pada abad ke-13 sebagai pusat perdagangan di kawasan tersebut. Kehidupan Politik Kehidupan politik yang terjadi di Kerajaan Samudera Pasai dapat dilihat pada masa pemerintahan raja-raja berikut ini. Sebagian besar pantai-pantai utara Sumatra seperti Barus di pantai barat dan Ramni di sebelah utara bahkan menjadi wilayah kekuasaan perniagaan Pasai.

Nah itu tadi beberapa penjelasan tentang sejarah hingga runtuhnya Kerajaan Samudera Pasai. 1472020 Peta Wilayah Kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai ilustrasi oleh MuseumNusantara Kerajaan ini bisa menjangkau pemerintahan dan memperluas wilayah kekuasaan maritimnya. 16112015 Lama-kelamaan Samudera dan Pasai menjadi satu dan membentuk sebuah kerajaan yaitu Kerajaan Samudera Pasai.

Belum begitu banyak bukti arkeologis tentang kerajaan ini untuk dapat digunakan sebagai bahan kajian sejarah. Kesultanan Pasai juga dikenal dengan Samudera Darussalam atau Samudera Pasai adalah kerajaan Islam yang terletak di pesisir pantai utara Sumatra kurang lebih di sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara Provinsi Aceh Indonesia. Pada tahun 1524 akhirnya Kerajaan Samudra Pasai dimasukkan ke dalam wilayah Kerajaan Aceh Darussalam.

Lokasi pusat pemerintahan Kerajaan Samudera Pasai diperkirakan berada di hulu Krueng sungai Peusangan diantara Krueng Jambo Aye dan Krueng Pase.

Gambar Peta Letak Kerajaan Islam Di Indonesia Bagaimana Peta Letak Persebaran Kerajaan Kerajaan Islam Di Download Sejarah Islam Di In Peta Gambar Sejarah

Kerajaan Kerajaan Islam Di Indonesia

Samudera Pasai Kerajaan Islam Pertama Di Bumi Nusantara

Perkembangan Kerajaan Samudera Passai Aceh Malaka Dema

Samudara Pasai Page 5 Line 17qq Com

Peta Samudra Pasai Page 3 Line 17qq Com

Kerajaan Islam Di Sumatera

Kerajaan Samudra Pasai Dinanurfadhilah

Minangkabau Buku Sejarah Buku Artefak Kuno

Sejarah Kerajaan Samudra Pasai Beserta Gambar Dan Penjelasannya Terlengkap Edukasi Indonesia Edukasinesia Com

Kerajaan Samudra Pasai By Amila Rezky

Sejarah Singkat Kerajaan Samudera Pasai Idsejarah

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai Lengkap Bang Fendi

Kesultanan Samudera Pasai Wikipedia Bahasa Melayu Ensiklopedia Bebas

Samudra Pasai Nusantara Steemit

Pin Di Cerita Indah

Kerajaan Samudera Pasai Steemit

Kerajaan Melayu Wikipedia Bahasa Melayu Ensiklopedia Bebas

Kesultanan Perlak Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia