Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 November Adalah Hari Peringatan 5 Peristiwa Bersejarah Ini

10 November adalah hari peringatan 5 peristiwa bersejarah ini
10 November memperingati hari apa?

10 November adalah hari peringatan beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Selain Hari Pahlawan, ada beberapa peristiwa penting pada 10 November. Namun, tidak semua acara ini dirayakan setiap tahun. Seperti yang terjadi di alam liar di Afrika pada abad ke-19.

Membuka British Encyclopedia pada tahun 1871, seorang pria bernama Henry Morton Stanley menemukan Dr. David Livingstone, mata-mata misionaris Skotlandia yang dilaporkan hilang selama pencariannya untuk menemukan sumber Sungai Nil.

Henry Stanley sendiri adalah seorang jurnalis untuk New York Herald. Dia memulai karirnya setelah pecahnya Perang Saudara Amerika dan bergabung dengan serikat pekerja. Stanley kemudian berganti profesi menjadi mata-mata setelah bertemu dengan David Livingstone.

Stanley dikenal dengan sapaan kontroversialnya saat pertama kali menemukan David Livingstone setelah berbulan-bulan mencari di gurun Afrika. Sapaan yang membuatnya terkenal adalah kata-kata “Dr. Batu hidup, kurasa. (Dr. Livingstone, ya?) Peristiwa itu terjadi pada 10 November 1871.

Hari Peringatan 10 November

Selain pertemuan Stanley dengan Livingston, ada berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi pada 10 November dan dirayakan setiap tahun. Acara berikut dirayakan setiap tanggal 10 November.

1. Hari Pahlawan di Indonesia

10 November adalah hari peringatan perjuangan para pahlawan Indonesia dalam perang 10 November di Surabaya. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1945, tiga bulan setelah Indonesia merdeka.

Peristiwa di Surabaya merupakan pertempuran besar antara pasukan Indonesia dengan “pasukan Inggris”. Pertempuran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia melawan pasukan asing sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaan.

Peringatan Hari Pahlawan di Indonesia mirip dengan parade Hari Anzac di Australia. Menurut sea.museum, Hari Anzac Australia dirayakan secara nasional, dengan veteran yang masih hidup dan keluarga tentara yang gugur berbaris dalam parade di seluruh negeri.

2. Hari Sains Sedunia untuk Perdamaian dan Pembangunan

10 November adalah Hari Sains Sedunia untuk Perdamaian dan Pembangunan. Ingatan ini menekankan peran sains dalam masyarakat, melibatkan publik dalam perdebatan tentang isu-isu hangat.

Dengan meluncurkan situs Perserikatan Bangsa-Bangsa, acara ini merupakan peristiwa penting dalam kehidupan sains sehari-hari, menghubungkan sains lebih dekat dengan masyarakat. Salah satu tujuan Hari Sains Sedunia adalah untuk memperbaharui komitmen sains nasional dan internasional demi perdamaian, pembangunan dan sains dalam pemanfaatan sains untuk kepentingan masyarakat.

3. Hari Akuntansi Internasional

Tanggal 10 November juga diperingati sebagai Hari Akuntansi Internasional. Hari ini juga dikenal sebagai Hari Akuntan Internasional, hari libur profesional tidak resmi yang dirayakan di beberapa negara pada 10 November.

Tanggal tersebut dipilih untuk menghormati Luca Pacioli, yang disebut sebagai “Bapak Akuntansi”.

4. Ulang Tahun Korps Marinir Amerika Serikat

Ulang Tahun Korps Marinir Amerika Serikat adalah perayaan tahunan yang dirayakan pada 10 November. Pada hari ini, upacara pemotongan kue bola tradisional diadakan. Bagian dari Angkatan Laut Amerika ini didirikan pada tahun 1775.

5. Hari Tradisi di Argentina

10 November adalah Hari Tradisi (Día de la Tradicion) di Argentina. Hari ini menandai ulang tahun penyair Argentina Jose Hernandez, yang terkenal karena puisi epiknya “Martín Fierro”.

Selain kelima peristiwa bersejarah tersebut di atas, tanggal 10 November 2021 juga merupakan perayaan Hari Raya Galungan bagi umat Hindu. Menurut situs resmi negara Buleng, Hari Raya Galungan adalah perayaan kemenangan Dharma (kebenaran) atas Adharma (kejahatan), yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali setiap enam bulan (210 hari). Pada hari Buddha Clivon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan).