Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Ciri-Ciri Perubahan Fisik Laki-Laki Pada Masa Pubertas Terlengkap

Sebutkan Ciri Ciri Perubahan Sekunder Pada Anak Laki Laki Gambaran
Sebutkan Ciri Ciri Perubahan Sekunder Pada Anak Laki Laki Gambaran from belajarbahasa.github.io

Sebutkan Ciri-Ciri Perubahan Fisik Laki-Laki Pada Masa Pubertas

Perubahan Fisik Laki-Laki Pada Masa Pubertas

Masa pubertas adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Masa pubertas dimulai ketika seseorang telah mencapai tingkat kedewasaan seksual dan ditandai dengan munculnya tanda-tanda fisik. Perubahan fisik pada laki-laki pada masa pubertas antara lain:

Pertumbuhan Otot

Laki-laki akan mengalami peningkatan jumlah otot, terutama pada bagian dada, lengan, dan punggung. Ini disebabkan oleh hormon seks testosteron yang meningkat selama masa pubertas. Menurut National Geographic, laki-laki mencapai puncak pertumbuhan otot pada usia 18 tahun.

Peningkatan Berat Badan

Laki-laki juga akan mengalami peningkatan berat badan selama masa pubertas. Perubahan berat badan ini disebabkan oleh kombinasi pertumbuhan otot dan lemak yang meningkat.

Pertumbuhan Rambut

Selama masa pubertas, laki-laki juga akan mengalami pertumbuhan rambut yang lebih berlimpah. Rambut akan tumbuh di sekitar alis, hidung, dan dagu. Rambut juga akan tumbuh di bagian dada, punggung, dan ketiak.

Pertumbuhan Payudara

Meskipun lebih jarang terjadi, laki-laki juga dapat mengalami pertumbuhan payudara pada masa pubertas. Ini disebabkan oleh kombinasi estrogen dan hormon lainnya. Pertumbuhan payudara ini biasanya hanya sementara dan akan hilang setelah kondisi hormon menjadi normal.

Perubahan Suara

Menurut Kompasiana, selama masa pubertas, laki-laki juga akan mengalami perubahan suara. Suara laki-laki akan menjadi lebih dalam akibat pembentukan kantung udara di tenggorokan. Ini disebabkan oleh suatu hormon yang disebut hormon luteinizing yang meningkat selama masa pubertas.

Kesimpulan

Masa pubertas adalah masa yang penting dalam kehidupan seseorang. Perubahan fisik terjadi pada laki-laki, antara lain: pertumbuhan otot, peningkatan berat badan, pertumbuhan rambut, pertumbuhan payudara, dan perubahan suara. Perubahan ini terjadi karena hormon-hormon yang bekerja meningkatkan aktivitas fisik laki-laki.