Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Ciri-Ciri Perubahan Fisik Yang Dialami Perempuan Pada Masa Pubertas Terlengkap

Perubahan Fisik Perempuan Sebelum Dan Setelah Masa Pubertas Besar
Perubahan Fisik Perempuan Sebelum Dan Setelah Masa Pubertas Besar from belajarsemua.github.io

Ciri-Ciri Perubahan Fisik Yang Dialami Perempuan Pada Masa Pubertas

Penambahan Berat Badan

Pada masa pubertas, tubuh perempuan akan mengalami perubahan yang signifikan dalam hal berat badan. Menurut ahli gizi dari National Geographic, perempuan biasanya akan menambah berat badan sekitar 8-13 kilogram selama masa pubertas. Hal ini dikarenakan produksi hormon yang akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh.

Pembentukan Payudara dan Lemak Subkutan

Selain penambahan berat badan, masa pubertas juga akan membuat payudara perempuan tumbuh. Payudara akan berkembang lebih lebat dan menjadi lebih berisi. Terbentuknya lemak subkutan pada tubuh perempuan juga akan dirasakan pada masa pubertas. Lemak ini akan membuat tubuh perempuan lebih berisi.

Pertumbuhan Rambut

Pada masa pubertas, rambut akan tumbuh di area wajah dan tubuh. Rambut wajah akan tumbuh di bagian bawah pipi, di atas dagu, dan di area alis. Sedangkan pada tubuh rambut akan tumbuh di ketiak, area selangkangan, dan di daerah pubis.

Pertumbuhan Kuku dan Kulit

Selama masa pubertas, kuku akan tumbuh lebih cepat dan kulit akan menjadi lebih kering. Kulit akan berminyak karena diproduksinya minyak oleh kelenjar sebasea. Minyak ini akan membuat kulit menjadi berminyak dan lebih berminyak di bagian wajah.

Pertumbuhan Tulang dan Sendi

Sebagian besar tulang dan sendi perempuan akan tumbuh lebih cepat pada masa pubertas. Hal ini akan membuat tubuh terlihat lebih tinggi dan berkembang dari semula. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada masa pubertas, tubuh perempuan akan bertambah tinggi 2,5-15 cm.

Menurut Sebuah Studi

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di National Geographic, perempuan yang berada pada masa pubertas cenderung lebih sensitif terhadap rasa sakit dan lebih mudah terpengaruh oleh hormon. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuh perempuan. Kesimpulannya, masa pubertas merupakan masa di mana tubuh perempuan mengalami banyak perubahan fisik seperti tumbuhnya payudara, berat badan, rambut, tulang dan sendi. Para perempuan juga akan lebih sensitif terhadap rasa sakit dan lebih mudah dipengaruhi oleh hormon. Dengan demikian, penting bagi para perempuan untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik agar tetap sehat dan bugar.